Amar Makruf Nahi Munkar dalam al-Qur'an: Studi Komparatif antara Sa'id Hawwa dan Hamka

Nauval, Muhammad Fikri (2019) Amar Makruf Nahi Munkar dalam al-Qur'an: Studi Komparatif antara Sa'id Hawwa dan Hamka. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (320kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy

Abstract

Berbagai tindak kekerasan yang dilakukan oleh individu maupun kelompok yang mengatasnamakan amar makruf nahi munkar merupakan akibat dari kesalahpahaman dalam memahami amar makruf nahi munkar. Sa’i>d H{awwa> dan Hamka merupakan dua ulama yang terkenal di masanya. Keduanya pernah dipenjara ketika berdakwah oleh penguasa pada saat itu karena dianggap mengganggu pemerintahan dan di penjaralah keduanya menulis tafsir. Hamka mengemukakan definisi umum tentang amar makruf nahi munkar, sedangkan Sa’i>d H{awwa> memberikan jalan pintas bagi orang yang akan melaksanakan amar makruf nahi munkar agar tidak timbul kesewenang-wenangan dalam mengamalkannya. Pokok permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah konsep amar makruf nahi munkar menurut Sa’i>d H{awwa> dan Hamka. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan amar makruf nahi munkar menurut Sa’i>d H{awwa> dan Hamka. Dalam menganalisis data, penelitian ini menggunakan pendekatan maud{u>’i> muqa>ran. Langkah awal menganalisis ayat-ayat tentang amar makruf nahi munkar dalam tafsir Sa’i>d H{awwa> dan Hamka, selanjutnya hasil yang sudah ada dikomparasikan guna melihat persamaan dan perbedaan. Penelitian ini bersifat kepustakaan (library research), yakni pengumpulan data dengan melakukan studi penelaahan terhadap literatur-literatur yang berhubungan dengan permasalahan yang ada. Sumber primer yang digunakan dalam penelitian ini adalah al-Asa>s fi> al-Tafsi>r karya Sa’i>d H{awwa> dan Tafsir Al-Azhar karya Hamka. Sedangkan sumber sekundernya adalah buku-buku yang mendukung tentang penelitian ini. Penelitian ini dapat disimpulkan: Pertama, amar makruf nahi munkar adalah menyuruh perbuatan yang dikenal baik oleh masyarakat selama tidak bertentangan dengan syariat dan akal serta melarang perbuatan yang dianggap buruk oleh masyarakat dan bertentangan dengan syariat dan akal. Kedua, menurut Sa’i>d H{awwa> ada empat syarat bagi orang yang melaksanakan amar makruf nahi munkar, yakni berilmu, mengamalkan ilmu, mengetahui ilmu sosial, dan memiliki keistimewaan. Sedangkan menurut Hamka ada tujuh, yakni kesadaran beragama, kemampuan retorika, keberanian menyampaikan pendapat, kebebasan berpikir, tidak taqlid, memiliki pertimbangan diri sendiri, dan berani menderita. Ketiga, cara melakukan amar makruf nahi munkar menurut Hamka adalah khusus-umum dan internal-eksternal. Sa’i>d H{awwa> berpendapat ada empat, yakni mencintai makruf dan membenci munkar, tidak sewenang-wenang, mengetahui kondisi sosial, dan bersabar. Keempat, Sa’i>d H{awwa> mengungkapkan definisi yang berbeda dengan mufassir yang lain. Sedangkan Hamka mengungkapkan hukum yang berbeda dari mufassir lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: amar makruf; nahi munkar; studi komparatif; muqaran; said hawwa; hamka; al-asas fi al-tafsir; tafsir al-azhar
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Ilmu-ilmu Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Nauval Fikri
Date Deposited: 12 Nov 2019 03:43
Last Modified: 12 Nov 2019 03:43
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/27112

Actions (login required)

View Item View Item