Pengelolaan citra kepolisian daerah Jawa Barat dalam membangun kepercayaan publik: Analisis kualitatif humas Polda Jabar jalan Soekarno Hatta No.748 Cimencrang Bandung

Islami, Risa Amalia (2019) Pengelolaan citra kepolisian daerah Jawa Barat dalam membangun kepercayaan publik: Analisis kualitatif humas Polda Jabar jalan Soekarno Hatta No.748 Cimencrang Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (95kB) | Preview
[img] Text (ABTSRAK)
2_abtsrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 1)
4_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (659kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy

Abstract

Tugas utama Polda Jabar adalah menjaga keamanan dan ketertiban, menegakkan hukum, melindungi dan melayani masyarakat. Melihat dari sisi tugas kepolisian itu sendiri, tidak semua orang mempunyai persepsi yang sama dalam memandang tugas pokok dan fungsi kepolisian. Ketidakpercayaan muncul terhadap kejujuran dan wibawa aparat hukum, membawa dampak buruk bagi perkembangan kemasyarakatan antara polisi dan masyarakatnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan citra yang dilakukan oleh Kepolisian Daerah Jawa Barat dalam membangun kepercayaan publik. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini yaitu konsep Four Step PR yang dikemukakan oleh Cutlip, Center dan Broom dimana konsep ini membahas tentang manajemen Public Relations yang didalamnya menjelaskan tentang 4 (empat) tahap yang dilakukan oleh seorang PR yaitu : 1) Pencarian Fakta; 2) Perencanaan dan Program; 3) Aksi dan Komunikasi; 4) Evaluasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi partisipasi pasif di Polda Jabar. Penelitian ini dilakukan melalui langkah-langkah: menentukan lokasi penelitian, menentukan metode penelitian, menentukan pemilihan informan, menentukan jenis dan sumber data, menentukan teknik pengumpulan data, dan akhirnya mengolah dan menganalisis data. Hasil penelitian di lapangan dapat disimpulkan bahwa dalam membangun kepercayaan publik, Polda Jabar melakukan pengelolaan citra melalui empat tahapan, sebagai berikut : 1) Polda Jabar melakukan pencarian fakta menggunakan analisis data; 2) Polda Jabar melakukan perencanaan untuk menjalin hubungan yang baik dengan media massa, mengadakan program dan menggunakan media sosial untuk menginformasikan setiap kegiatan; 3) Polda Jabar melakukan aksi dan komunikasi yang sudah direncanakan sebelumnya, serta bekerja sama dengan Duta Humas yang direkrut dari beberapa Universitas; 4) Polda Jabar menggunakan aplikasi IMM (Intellegen Media Management) untuk melakukan patroli media sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan diadakannya pengelolaan citra yang dilakukan oleh Polda Jabar, kepercayaan publik terhadap Polda Jabar bisa selalu terbangun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Citra; Publik; Polda Jabar
Subjects: General Management > Data Processing and Analysis of Management
General Management > Planning and Strategic Management
General Management > Information Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Risa Amalia Islami
Date Deposited: 20 Nov 2019 07:28
Last Modified: 20 Nov 2019 07:28
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/27123

Actions (login required)

View Item View Item