Implementasi model pembelajaran Quantum Teaching dalam meningkatkan pemahaman dan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran PAI: Penelitian di SMA PLus PGRI Ciranjang

Aji, Ibrahim (2019) Implementasi model pembelajaran Quantum Teaching dalam meningkatkan pemahaman dan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran PAI: Penelitian di SMA PLus PGRI Ciranjang. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (221kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB) | Request a copy

Abstract

Pembiasaan pembelajaran sering dilakukan disekolah SMA Plus PGRI Ciranjang adalah dengan menggunakan metode ceramah, adapun hasil dari penerapan metode ceramah kurang bisa meningkatkan pemahaman dan berpikir krtis peserta didik, sebab dengan pada saat pelaksaan pembelajaran kondisi suasana belajarr yang dirasakan peserta didik mengalami rasa jenuh, kurang semangat,kurang adanya komunikasi diantara warga belajar. Tujuan dari penelitian ini yang pertama untuk mengetahui realitas pemahaman dan berpikir kritis peserta didik sebelum diterapkan quantum teaching, kedua untuk mengetahui implementasi model pembelajaran quantum teaching, ketiga untuk mengetahui realitas pemahaman peserta didik pada implementasi model pembelaaran quantum teaching, ke empat untuk mengetahui realitas berpikir kritis peserta didik pada implementasi model pembelaaran quantum teaching, ke lima untuk mengetahui realitas pemahaman dan berpikir kritis peserta didik pada implementasi model pembelaaran quantum teaching pada mata pelajaran PAI di SMA Plus PGRI Ciranjang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif yang menggunakan pendekatan deskriptif. Tekhnik analisis data pada penelitian ini diantaaranya menggunakan uji analisis deskriptif, kedua menggunakan uji normalitas, ketiga menggunakan uji parametrik, ke empat menggunakan uji homogenitas dan kelima menggunakan uji N-Gain. Hasil penelitian pada sebelum diberikan perlakuan, nilai rata-rata pemahaman di kelas eskperimen sebesar 60.64, sementara untuk kelas kontrol mendapat nilai rata-rata sebesar 58.31. Kemudian dilakukan perlakuan dengan menggunakan model quantum teaching, nilai rata-rata yang didapat pada kelas eksperimen adalah sebesar 83.56 dan untuk kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 74.33. Adapun selisis peningkatan diantara kedua kelas tersebut diungguli oleh kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran quantum teaching. Sementara itu untuk, nilai rata-rata berpikir kritis di kelas eskperimen sebelum dilakukan perlakuan sebesar 57.25, sementara untuk kelas kontrol mendapat nilai rata-rata sebesar 54.50. Kemudian dilakukan perlakuan dengan menggunakan model quantum teaching, nilai rata-rata yang didapat pada kelas eksperimen adalah sebesar 85.25 dan untuk kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 78.38. Adapun selisis peningkatan diantara kedua kelas tersebut diungguli oleh kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran quantum teaching. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran quantum tecahing dapat meningkatkan pemahaman dan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMA PGRI Ciranjang Cianjur.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Quantum teaching; Pemahaman; Berpikir kritis
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi PAI
Depositing User: Ibrahim Aji
Date Deposited: 12 Nov 2019 06:28
Last Modified: 12 Nov 2019 06:28
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/27126

Actions (login required)

View Item View Item