Perkembangan jiwa keagamaan pada anak : Studi kasus Peserta didik anak usia 6 - 13 tahun Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al-Mubarokah di Perumahan Bodogol

Rizal, Syamsul (2019) Perkembangan jiwa keagamaan pada anak : Studi kasus Peserta didik anak usia 6 - 13 tahun Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al-Mubarokah di Perumahan Bodogol. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstraksi.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (253kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy

Abstract

Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) Al-Mubarokah adalah salah satu lembaga non formal yang bergerak dibidang keagamaan. yakni menanamkan nilai-nilai keagamaan kepada anak-anak baik usia prasekolah maupun usia pasca sekolah. Terlebih mengingat kebanyakan orang tua di daerah Perumahan Bodogol Kecamatan Rancasari tempat penulis melakukan penelitian, orang tua bapa/ibu sibuk bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup para anak peserta didik. Oleh karena itu banyak kekurangan dalam perhatian orang tua terhadap anak dalam masalah keagamaan. Selanjutnya penelitian ini berusaha lebih jauh mengangkat dua permasalahan, yaitu: 1) Bagaimana perkembangan anak usia 6 – 13 tahun MDTA Al-Mubarokah? Dan 2) Apa saja Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan agama pada anak usia 6 – 13 tahun MDTA Al-Mubarokah?. Adapun tujuan dari dilakukannya penelitian ini, yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan bagaimana hasil perkembangan jiwa keagamaan pada anak usia 6 – 13 tahun MDTA Al-Mubarokah, 2) Untuk mendeskripsikan beberapa faktor yang mendorong adanya perkembangan jiwa keagamaan pada anak usia 6 – 13 tahun MDTA Al-Mubarokah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Adapun yang dimaksud dengan metode kualitatif sendiri adalah melakukan penelitian pada kondisi obyek yang alamiah, dan disini peneliti berperan sebagai instrumen kunci, teknik pengumpulan data pun dilakukan secara wawancara dan angket. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peserta didik MDTA Al-Mubarokah mengalami perkembangan terhadap jiwa keagamaan yang ditinjau dari beberapa dimensi keagamaan. MDTA Al-Mubarokah menjadi agen kedua yang mengimplementasikan nilai-nilai keagamaan pada anak setelah peran penting orang tua. MDTA Al-Mubarokah tidak hanya sebagai lembaga nonformal yang mengajarkan pengetahuan agama dan melatih keterampilan anak dalam melaksanakan ibadah, melainkan juga sebagai suatu lembaga yang memiliki tujuan untuk membentuk kepribadian anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perkembangan; jiwa keagamaan; anak.
Subjects: Applied Psychology > Interpersonal Relations with Family Members
Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Education > Psychology of Education
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Perbandingan Agama
Depositing User: syamsul rizal
Date Deposited: 18 Nov 2019 03:25
Last Modified: 18 Nov 2019 03:25
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/27133

Actions (login required)

View Item View Item