Pengaruh strategi mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI : Penelitian terhadap siswa kelas V SD Negeri Sintabakti Subang

AR, Nina Anggraeni (2019) Pengaruh strategi mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI : Penelitian terhadap siswa kelas V SD Negeri Sintabakti Subang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (448kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (682kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (667kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi awal yang dilakukan peneliti kepada siswa kelas V SD Negeri Sintabakti Subang. Penulis menemukan beberapa permasalahan yakni jumlah 27 siswa yang terdiri dari satu kelas, dapat dikatakan 22% dari jumlah siswa kelas V yang terjadi adalah siswa berbisik-bisik dengan teman sebangku, bercanda, melamun, dan membaca buku lain selain buku yang sedang dipelajari. Rumusan masalah dalam penelitian ini ada tiga, yaitu : (1) Bagaimana realita strategi mengajar guru, (2) Bagaimana Realita motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI, serta (3) Bagaimana pengaruh strategi mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui realita strategi mengajar guru, (2) Untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI, serta (3) Untuk mengetahui pengaruh strategi mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini berdasarkan pada asumsi teoritik bahwa strategi mengajar guru adalah tindakan guru melaksanakan rencana mengajar, artinya usaha guru dalam menggunakan beberapa variabel penganjuran (tujuan, bahan, metode dan alat, serta evaluasi). Hipotesis yang diajukan yakni semakin tinggi tingkat strategi mengajar pguru, maka akan semakin tinggi pula motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI, dan begitupun sebaliknya. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Penelitian ini menggunakan random samping 27 siswa kelas V SD Negeri Sintabakti Subang. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Strategi mengajar guru dalam kategori baik dengan skor rata-rata 4,11, (2) Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI termasuk dalam kategori tinggi dengan skor rata-rata 4,12, sedangkan (3) Pengaruh strategi mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI berkorelasi kuat dengan koefisien korelasi sebesar 0,74 berada pada rentang 0,60 – 0,799 itu artinya ada pada kategori kuat. Hasil uji hipotesis menunjukan nilai thitung lebih besar dari ttabel yakni 8,04 > 1,708 diartikan bahwa hipotesis diterima. Variabel X mempunyai pengaruh terhadap variabel Y sebesar 54,7% yang artinya masih terdapat 45,3% faktor lain yang mempengaruhi variabel Y.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Mengajar Guru ; Motivasi Belajar Siswa
Subjects: General Management > Personnel Management
Education and Research of Literatures
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nina Anggraeni AR
Date Deposited: 12 Nov 2019 07:40
Last Modified: 12 Nov 2019 07:40
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/27194

Actions (login required)

View Item View Item