Penerapan metode Mind Mapping untuk meningkatkan keterampilan intelektual siswa pada materi sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam pada masa Bani Umayyah : Penelitian quasi eksperimen pada siswa kelas VIII-A SMP Daya Warga Bakti

Irawati, Mutia (2019) Penerapan metode Mind Mapping untuk meningkatkan keterampilan intelektual siswa pada materi sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam pada masa Bani Umayyah : Penelitian quasi eksperimen pada siswa kelas VIII-A SMP Daya Warga Bakti. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (240kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di SMP Daya Warga Bakti Bandung, pembelajaran seharusnya menghasilkan perubahan dengan meningkatnya suatu kemampuan siswa dari berbagai aspek salah satunya yaitu keterampilan intelektual yang mana ini merupakan salah satu dari lima komponen hasil belajar. Pada kenyataannya siswa belum mampu memunculkan keterampilan intelektual dengan baik terlihan dari hasil studi pendahuluan ditemukan nilai rata-rata akhir PAI kelas VIII pada materi Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan pada masa Bani Umayyah yaitu 90% masih di bawah KKM (70) yang telah ditentukan sehingga siswa belum dikatakan tuntas dalam belajarnya. karena pemilihan metode guru yang kurang tepat atau monoton seringkali metode yang digunakan itu hanya berorientasi pada guru dan tidak direlevansikan dengan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai sehingga penulis merasa bahwa penerapan metode mind mapping dapat meningkatkan keterampilan intelektual siswa. Tujuan penelitian ini ialah : 1) untuk mengetahui gambaran proses pembelajaran menggunakan metode mind mapping, 2) untuk mengetahui pengaruh penerapan metode mind mapping terhadap keterampilan intelektual siswa pada materi sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan islam pada masa bani umayyah. Landasan teori dalam penelitian ini ialah metode mind mapping diasumsikan dapat meningkatkan keterampilan intelektual siswa karena metode ini merangsang siswa untuk berfikir secara kreatif dan inovatif hal ini sejalan dengan keterampilan intelektual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode penelitian kuasi eksperimen (quasi experimental research) dengan jenis one group pretest posttest design, memungkinkan peneliatan eksperimen yang menggunakan satu kelompok objek penelitian, yakni kelas VIII A SMP Daya warga Bakti Bandung. Alat pengumpul data pada penelitian ini ialah observasi, tes, dan studi dokumentasi. Analisis hasil data penelitian diperoleh dua pendekatan yaitu analisis kualitatif menggunakan pendekatan logika dan analisis kuantitatif menggunakan pendekatan statistik : 1) Penerapan metode mind mapping pada materi sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan islam pada masa bani umayyah dalam dua pertemuan terlaksana dengan baik dengan perolehan skor memiliki presentase 77,50% berada pada kategori baik. 2) Keterampilan Intelektual mengalami peningkatan dilihat dari hasil rata-rata pretest 41,43 dan hasil posttest 62,30 hal ini terbukti dengan uji N-Gain nya yaitu 0,34 dengan kategori 30 < g < 70 sedang. sehingga H1 diterima yaitu metode mind mapping dapat meningkatkan keterampilan intelektual siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Mind Mapping;Keterampilan Intelektual
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutia Irawati
Date Deposited: 13 Nov 2019 06:36
Last Modified: 13 Nov 2019 06:36
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/27199

Actions (login required)

View Item View Item