Peran Humas Polda Jabar dalam menanggapi pemberitaan hoax di media sosial: Analisis kualitatif pada Humas Polda Jabar Jl. Soekarno Hatta No.748

Lestari, Georgina Citra (2019) Peran Humas Polda Jabar dalam menanggapi pemberitaan hoax di media sosial: Analisis kualitatif pada Humas Polda Jabar Jl. Soekarno Hatta No.748. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (236kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB) | Request a copy

Abstract

Polda Jabar merupakan salah satu instansi pemerintah yang menjalankan dalam menanggapi pemberitaan hoax di media sosial, hal ini dilakukan oleh Humas Polda Jabar karena pemberitaan hoax di media sosial dianggap mempunyai dampak yang besar kepada masyarakat. Oleh karena itu Humas Polda Jabar melakukan berbagai kegiatan diantaranya adalah melakukan patroli cyber, memberikan sosialisasi dan melaksanakan berbagai kegiatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Humas Polda Jabar dalam menanggapi pemberitaan hoax di media sosial mulai dari tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Pemilihan konsep dalam penelitian ini tentunya harus memiliki relevansi dengan apa yang dibahas dalam penelitian ini. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep fungsi manajemen POAC (Planing, Organizing, Actuating, Controling) dari George R Terry. Konsep ini dipilih karena mampu mengkonstruksikan secara holistic mengenai menanggapi pemberitaan hoax di media sosial yang dilakukan oleh Humas Polda Jabar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif karena peneliti berusaha menggambarkan pemanfaatan media sosial sebagai media dalam menyebarkan berita atau informasi yang benar berdasarkan tanggapan Humas Polda Jabar. Teknik pengumpulan data didalam penelitian ini dikumpulkan dari data berupa dokumen dan arsip (gambar dan audio) melalui observasi dan wawancara. Data penelitian yang digunakan adalah data kualitatif yang berwujud pernyataan berupa kata-kata. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam menanggapi pemberitaan hoax di media sosial dimulai dengan tahapan perencanaan dengan merencanakan Sumber Daya Manusia dan Perlengkapan, merencanakan kegiatan sosialisasi, merencanakan patroli cyber, merencanakan profiling, dan merencanakan laporan informasi. Selanjutnya tahap pengorganisasian Humas Polda Jabar dengan Sub Bidang Kriminal Khusus (Krimsus), pengorganisasian dengan menentukan tim dan tugas sesuai keahlian, dan pengorganisasian dengan komunikasi yang baik. Lalu tahap pelaksanaan terdiri dari bentuk kegiatan seperti goes to campus, focus group discussion, kampanye anti hoax, lomba & event, dan silaturahmi kamtibmas. Pelaksanaan bentuk Laporan seperti Laporan A berasal dari Kepolisian dan Laporan B berasal dari masyarakat, dan pelaksanaan penindakan berdasarkan UU ITE pasal 28 ayat 2 dan KUHP pasal 14 dan 15. Dan tahap terakhir tahap pengawasan dengan pengawasan monitoring penyebar berita hoax, pengawasan kinerja tim, dan pengawasan bahan evaluasi. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa Peran Humas Polda Jabar dimana dalam Menanggapi Pemberitaan Hoax di Media Sosial menggunakan pola fungsi manajemen Public Relations pada setiap pengelolaan kegiatannya dinyatakan berhasil dengan penerapan antar teori secara literatur dan praktis secara fakta dilapangan memiliki keselarasan yang bersinggungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peran Humas; Hoax; Media Sosial
Subjects: Prohibited Works, Forgeries, Hoaxes
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Georgina Citra Lestari
Date Deposited: 13 Nov 2019 06:36
Last Modified: 13 Nov 2019 06:38
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/27234

Actions (login required)

View Item View Item