Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe three step interview dan change of pairs untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP: Penelitian quasi eksperimen di SMPN 2 Cileunyi Kelas VIII

Rianti, Yanti (2019) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe three step interview dan change of pairs untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP: Penelitian quasi eksperimen di SMPN 2 Cileunyi Kelas VIII. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (492kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (954kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Three Step Interview, model pembelajaran Change Of Pairs dan pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive, diperoleh sampel yaitu kelas VIII-A, VIII-E dan VIII-F. Pengambilan data menggunakan instrumen penelitian berupa tes yaitu soal pemecahan masalah matematis, dan non tes yaitu lembar observasi guru dan siswa serta skala sikap. Setelah dilaksanakan penelitian, data kemudian dikaji dan dianalisis. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh: (a) Gambaran proses pembelajaran matematika kelas Three Step Interview terdapat peningkatan menjadi baik; (b) Gambaran proses pembelajaran matematika kelas Change Of Pairs terdapat peningkatan menjadi baik; (c) Peningkatan pemecahan masalah matematis kelas Three Step Interview dikategorikan sedang, kelas Change Of Pairs sedang, dan kelas konvensional sedang; (d) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada ketiga kelas, dengan urutan dari yang terbaik yaitu model pembelajaran Three Step Interview, model pembelajaran Change Of Pairs, dan pemebajaran konvensional; (e) Siswa kelas Three Step Interview dan kelas Change Of Pairs diketahui bahwa sebagian besar siswa bersikap positif terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa model pembelajaran Three Step Interview dan model pembelajaran Change Of Pairs lebih baik dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dibandingkan model konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kooperatif tipe three step interview; change of pairs;
Subjects: Mathematics > Research Methods of Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: yanti rianti
Date Deposited: 13 Nov 2019 07:09
Last Modified: 13 Nov 2019 07:09
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/27240

Actions (login required)

View Item View Item