Peran Yayasan Odesa dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga: Studi deskriptif di Desa Cikadut, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung

Muthahari, Ahmad Hafidz (2019) Peran Yayasan Odesa dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga: Studi deskriptif di Desa Cikadut, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (871kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (728kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy

Abstract

Bermula dari kesenjangan social dan masalah mendasar yang telah terjadi dimana-mana yakni kemiskinan dan yang kini telah membudaya di masyrakat. Maka dari itu lah bermula Yayasan Odesa bergerak sebagai sesame manusia untuk mengurangi dan merubah budaya tersebut dikit demi sedikit dengan banyak usaha yang dilakukan oleh Yayasan Odesa demi gterwujudnya kondisi masyarakat yang sejahtera, mandiri dan kuat. Yayasan Odesa ini bergerak di kawasan Bandung utara dan yang menjadi targetan utamanya yakni orang-orang sangat miskin dan marjinal yang merupakan korban dari ketidak adilan birokrasi di Indonesia dan jauh dari tangan pemerintahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui usaha Yayasan Odesa, dalam mensejahterakan keluarga di Desa Cikadut. Secara khusus pembahasannya diarahkan untuk hal – hal yang berhubungan dengan peningkatan kesejahteraan dalam aspek pendidikan, kesehatan dan ekonomi, dan partisipasi masyarakat dalam merealisasikan bergabung dengan Odesa bertujuan demi terciptanya kehidupan masyarakat yang aman, nyaman dan sejahtera. Pendekatan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah kesejahteraan sosial dari Friedlander (1980) kesejhateraan sosial adalah system yang terorganisir dari pelayanan-pelayanan sosial dan institusi-institusi yang dirancang untukmembantu individu-individu dan kelompok-kelompok guna mencapai standar hidup dan kesehaan yang memadai dan relasi-relasi personal dan sosial sehingga memungkinkan mereka dapat mengembangkan kemampuan dan kesejahteraan sepenuhnya selaras dengan kebutuhan-kebutuhan keluarga dan masyarakatnya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, dengan jenis data penelitian kualitatif. Untuk memperoleh data penelitian digunakan metode observasi, serta wawancara yang berkaitan dengan permasalahan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa usaha yang dilakukan oleh Yayasan Odesa dalam mensejahterakan Masyarakat dinilai berhasil dan efisien. Tidak hanya melalui kegitan yang terfokus pada kegiatan ekonomi, tetapi juga pada kegiatan yang berkaitan dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia, dan juga pembenahan tata lingkungan dinilai mampu memberikan perubahan pada diri masyarakat khususnya keluarga ke arah yang lebih baik menuju kesejahteraan masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peran; Kesejahteraan Keluarga;
Subjects: Applied Psychology > Interpersonal Relations with Family Members
Culture and Institutions > Family
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: ahmad hafidz
Date Deposited: 07 Jan 2020 01:27
Last Modified: 07 Jan 2020 01:27
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/27258

Actions (login required)

View Item View Item