Bimbingan rohani Islam untuk penguatan komitmen beragama pada Komunitas Majelis Tato: Penelitian di Komunitas Majelis Tato jalan Cijawura Girang IV No 16 Sekejati, Buahbatu, Bandung

Pujasmara, Mira (2019) Bimbingan rohani Islam untuk penguatan komitmen beragama pada Komunitas Majelis Tato: Penelitian di Komunitas Majelis Tato jalan Cijawura Girang IV No 16 Sekejati, Buahbatu, Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (368kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy

Abstract

Fenomena hijrah atau taubat bukanlah sesuatu yang mudah. Banyak faktor yang dapat mengurungkan niat seseorang untuk berhijrah, mulai dari faktor internal dan faktor eksternal. Salah satu upaya untuk menguatkan sikap komitmen dalam beragama kepada orang-orang yang berhijrah ada pada pelaksanaan bimbingan rohani Islam. Salah satu komunitas yang melaksanakan bimbingan rohani Islam terhadap orang yang berhijrah adalah Komunitas Majelis Tato. Informasi yang diberikan oleh seorang pembimbing diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi yang dibimbing terutama dalam menguatkan komitmen beragama agar senantiasa menjadi seorang hamba yang taat dan bahagia di dunia dan akhirat. Seorang muslim yang memiliki komitmen beragama yang kuat merupakan salah satu dari keberhasilan program bimbingan rohani Islam. Ada beberapa tujuan tulisan ini dibuat yaitu: pertama, untuk mengetahui kondisi komitmen beragama anggota komunitas Majelis Tato. Kedua, untuk mengetahui layanan bimbingan rohani Islam di komunitas Majelis Tato. Ketiga, mengetahui perubahan sikap anggota komunitas Majelis Tato setelah mengikuti bimbingan rohani Islam untuk penguatan komitmen beragama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Kemudian dalam proses pengumpulan data penulis menggunakan beberapa cara yaitu yang pertama dengan melakukan observasi pada tahap awal pelaksanaan penelitian. Observasi ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran awal lokasi penelitian. Selanjutnya dilakukannya wawancara kepada pembimbing komunitas Majelis Tato dan anggota Majelis Tato. Hasil penelitian menunjukan bahwa kondisi awal komitmen beragama anggota komunitas Majelis Tato adalah lemah. Akan tetapi setelah mengikuti bimbingan rohani Islam komitmen beragama anggota Majelis Tato menjadi menguat dilihat dari beberapa aspek komitmen beragama yang meliputi dimensi aqidah/ideologi, dimensi ibadah, dimensi ilmu, dimensi amal, dan dimensi penghayatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Rohani Islam; Komitmen Beragama; Komunitas Majelis Tato
Subjects: Spiritual Renewal
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: mira pujasmara
Date Deposited: 14 Nov 2019 07:31
Last Modified: 14 Nov 2019 07:31
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/27281

Actions (login required)

View Item View Item