Bimbingan rohani Islam untuk menangani penderita Psikosomatik: Penelitian di Rumah Sehat Abiyyu Jalan Puspa Kencana, No. 22, Cimekar, Cileunyi, Bandung

Annisa, Nurul (2019) Bimbingan rohani Islam untuk menangani penderita Psikosomatik: Penelitian di Rumah Sehat Abiyyu Jalan Puspa Kencana, No. 22, Cimekar, Cileunyi, Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (471kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy

Abstract

Fenomena gangguan mental yang sering dialami manusia sangat beragam dan tak jarang yang berdampak buruk bagi tubuh seseorang. Salah satu gangguan mental tersebut adalah psikosomatik. Penyebab gangguan psikosomatik yaitu beban pikiran yang tidak bisa keluar atau disalurkan dengan baik. Banyak manusia yang tidak menyadari keterkaitan antara psikis dan fisiknya. Penyakit pikiran seperti stres, gelisah berlebihan, kurangnya rasa percaya diri, depresi, tekanan terhadap pikiran dan mentalnya serta yang lainnya itu semua berdampak pada penyakit-penyakit fisik yang muncul. Tidak sedikit juga manusia yang menderita psikosomatik karena kurangnya pemahaman tentang agama, kegersangan pada jiwa, pikiran, dan hatinya, serta pendekatan diri yang kurang baik kepada Allah SWT. Sehingga bimbingan rohani Islam dirasa perlu untuk penderita psikosomatik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kondisi penderita psikosomatik di Rumah Sehat Abiyyu, untuk menganalisis proses pelaksanaan bimbingan rohani Islam dalam menangani penderita psikosomatik di Rumah Sehat Abiyyu, dan untuk mengetahui hasil pelaksanaan bimbingan rohani Islam dalam menangani penderita psikosomatik di Rumah Sehat Abiyyu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yakni memberikan gambaran mengenai fakta-fakta akurat dan sistematis tentang bimbingan rohani Islam dalam menangani penderita psikosomatik, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Bimbingan rohani Islam dalam menangani penderita psikosomatik adalah pemberian bantuan seorang konselor kepada klien untuk menyelesaikan keluhan-keluhan yang berkaitan dengan fisik dan psikis manusia selaras dengan ketentuan Allah SWT, sehingga dapat mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat serta tumbuh keyakinan di dalam hati manusia bahwa segala penyakit atau masalah yang Allah SWT berikan, tidak akan melebihi kemampuan yang dimilikinya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bimbingan rohani Islam dalam menangani penderita psikosomatik di Rumah Sehat Abiyyu memberikan perubahan positif pada klien penderita psikosomatik, dimana keluhan penyakit fisik akibat pikiran berangsur-angsur pulih, ini terlihat dari perubahan kondisi klien yang mana klien mulai menerima dengan sabar dan ikhlas masalah yang sedang dihadapi, serta menyerahkan segalanya kepada Allah SWT sehingga rasa sakit yang kerap dirasakan berkurang, klien juga merasa beban yang dihadapinya lebih ringan karena ada Allah SWT yang selalu bersamanya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Rohani Islam; Penderita Psikosomatik
Subjects: Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Applied Psychology > Systems and Schools of Applied Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: nurul annisa
Date Deposited: 14 Nov 2019 07:25
Last Modified: 14 Nov 2019 07:25
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/27290

Actions (login required)

View Item View Item