Peran pola asuh orang tua terhadap akhlak remaja: Studi kasus pada Karang Taruna RW 04 Kelurahan Kebonjayanti Kecamatan Kiaracondong kota Bandung

Ramdani, Anisa (2019) Peran pola asuh orang tua terhadap akhlak remaja: Studi kasus pada Karang Taruna RW 04 Kelurahan Kebonjayanti Kecamatan Kiaracondong kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (872kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (857kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy

Abstract

Orang tua memiliki peran yang penting terhadap tumbuh dan kembang pada remaja. semua sikap dan prilaku anak dipengaruhi oleh pola asuh orang tua, maka sewajarnya orang tua harus memilih pola asuh yang ideal karena keberhasilan dalam pembentukan karakter anak akan dipengaruhi oleh pola asuh orang tua. Selain itu orang tua memiliki peran penting dalam membentuk kepribadian anak. sehingga perlunya memberikan arahan yang jelas dan meluruskan sikap dan prilaku anak untuk memilliki akhlak yang baik. Pola asuh orang tua merupakan bentuk interaksi antara orang tua dan anak,dengan cara mendidik, dan membesarkan anaknya dengan memenuhi semua kebutuhannya. Pola asuh merupakan sikap dan cara orang tua dalam mempersiapkan anaknya agar dapat mengambil keputusan, bertindak secara mandiri dan tidak bergantung kepada orang tua. Islam memandang bahwa kedua orang tua memiliki tanggung jawab terhadap pertumbuhan fisik dan perkembangan psikis anaknya bahkan lebih dari itu membebaskan anaknya dari siksaan api neraka. Akhlak merupakan sikap yang tertanama dalam jiwa, dimana semua bersumber dalam diri dengan kemudahan tanpa memerlukan proses berpikir. Untuk mendapatkan data yang lebih mendalam, maka penulis meneliti melalui skripsi yang berjudul “ peran pola asuh orang tua terhadap akhlak remaja” Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peran pola asuh orang tua terhadap akhlak remaja di RW.O4 Kelurahan Kebonjayanti Kecamatan Kiaracondong Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif berupa deskriptif. Objek yang diteliti adalah orang tua dan remaja di Karang Taruna RW. 04 Kelurahan Kebonjayanti Kecamatan Kiaracondong Kota Bandung, agar memperoleh gambaran yang realita sesuai dengan keadaan fenomena yang terjadi di lapangan menlalu pengumpulan data dengan teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data analisi dengan cara direduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil dari penelitian ini menunjukan peran pola asuh orang tua sangat mempengaruhi akhlak remaja di RW 04 Kelurahan Kebonjayanti Kecamatan Kiaracondong Kota Bandung, peran tersebut harus di implementasikan karena kedekatan anak dengan orang tua sangat mempengaruhi demi membentuk akhlak dan karakter yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peran; Pola Asuh; Orang Tua; Akhlak; Remaja
Subjects: Islam
Culture and Institutions > Parenthood
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: anisa ramdani
Date Deposited: 18 Nov 2019 07:21
Last Modified: 18 Nov 2019 07:21
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/27315

Actions (login required)

View Item View Item