Layanan konseling individu dalam mengatasi stres karena masalah keluarga: Studi deskriptif di Rumah Sehat Abiyyu Cileunyi Bandung

Nuraidah, Nuraidah (2019) Layanan konseling individu dalam mengatasi stres karena masalah keluarga: Studi deskriptif di Rumah Sehat Abiyyu Cileunyi Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (469kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy

Abstract

Manusia dalam masa hidupnya akan melewati perubahan, baik secara fisik maupun psikis. Perubahan tersebut dapat menjadi permasalahan apabila individu tidak mampu melewatinya dengan baik. Akar penyebab dari permasalahan ini adalah ketegangan dari fisik, psikis, emosi maupun mental yang dinamakan stres. Pada dasarnya, stress adalah sebuah bentuk ketegangan, baik fisik maupun psikis. Stress dalam kehidupan tidak dapat dihindari, yang menjadi permasalahan saat ini adalah bagaimana manusia hidup dengan stress tanpa harus mengalami distres dengan cara memperkuat pertahanan dalam dirinya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis layanan konseling individu dalam mengatasi stres karena masalah ekonomi keluarga di Rumah Sehat Abiyyu, mengetahui program yang diterapkan, mengetahui proses konseling, dan mengetahui hasil dari konseling yang dilaksanakan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif pendekatan kualitatif karena penelitian ini berusaha untuk menggambarkan secara alamiah proses sosial dalam hal ini adalah layanan konseling individu dalam mengatasi stres yang disebabkan oleh masalah ekonomi. Data penelitian tersebut di dapatkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sehingga pada akhirnya penelitian ini dapat disajikan secara utuh. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa layanan konseling individu dalam mengatasi stres di Rumah Sehat Abiyyu dinyatakan cukup baik. Hal ini tampak dari program yang menggunakan pendekatan secara holistik baik dari aspek psikis, fisik, sosial dan spiritual. Dari aspek pelaksanaannya sudah dilakukan secara sistematis mulai dari tahap awal, tahap kerja dan tahap akhir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa layanan konseling individu dalam mengatasi stres karena masalah ekonomi keluarga sebagai keberhasilan dalam memecahkan suatu permasalahan. Dapat di simpulkan bahwa layanan konseling individu dalam mengatasi stres karena masalah ekonomi keluarga memberikan perbaikan yang cukup baik pada konseli. Hal ini dapat dilihat dari perubahan-perubahan yang terjadi antara lain: psikologis konseli lebih baik, konseli dapat bersikap toleran terhadap peristiwa atau kenyataan hidup yang pahit, mengembaikan segala sesuatu kepada sang pencipta, perubahan fisiologis termasuk kesembuhan dari sumber penyakit dan kembali bekerja seperti biasa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Layanan konseling; mengatasi stres ;masalah keluarga; Rumah Sehat Abiyyu Cileunyi Bandung;
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Stress
Applied Psychology > Interpersonal Relations with Family Members
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Nur Aidah
Date Deposited: 21 Nov 2019 06:53
Last Modified: 21 Nov 2019 06:53
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/27320

Actions (login required)

View Item View Item