Penggunaan Ayat Kursi dan Surat Al - Fatihah sebagai Pengobatan Studi Living Qur’an di Pondok Pesantren Riadatul Hikmah Cibenda Kabupaten Bandung Barat

Winarti, Dede (2019) Penggunaan Ayat Kursi dan Surat Al - Fatihah sebagai Pengobatan Studi Living Qur’an di Pondok Pesantren Riadatul Hikmah Cibenda Kabupaten Bandung Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (543kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (680kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di Pondok Pesantren Riadatul Hikmah diperoleh informasi bahwa terdapat praktek pengobatan yang dilakukan oleh KH.Acep menggunakan ayat alquran. Praktek pengobatan tersebut sudah dilakukan kurang lebih 45 tahun. Ayat alquran pada dasarnya baik, ketika membacanya akan mendatangkan kebaikan bernilai ibadah dan juga memiliki banyak khasiat seperti bisa menjadi syifa.Namun pada kenyataannya terdapat masyarakat yang mengamalkan ayat – ayat tertentu saja seperti hal nya yang terdapat di Pondok Pesantren Riadatul Hikmah selalu mengamalkan ayat Kursi dan surat Al-Fatihah saja untuk melakukan praktek Pengobatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembacaan ayat Kursi dan surat Al-Fatihah yang dilakukan KH.Acep untuk mengobati dan untuk mengetahui dampak yang dirasakan oleh pasien setelah berobat menggunakan ayat alquran di Pesantren Riadatul Hikmah Desa Cibenda Kecamatan Cipongkor Kabupaten Bandung Barat. Pendekatan yang digunakan dalam skripsi ini adalah pendekatan kualitatif. Kemudian, metode yang digunakan dalam penelitian skripsi ini menggunakan metode deskriptif, yaitu dengan cara mendeskriptifkan atau menguraikan suatu fenomena atau fakta terkait Pondok Pesantren Riadatul Hiikmah Cibenda Kabupaten Bandung Barat. Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah jenis penelitian kualitatif melalui wawancara dokumentasi dan observasi. Penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti dapat dibuktikan bahwa ayat alquran itu bisa di jadikan obat atau syifa baik itu penyakit medis maupun non medis dengan keyakinan hanya Allah lah yang bisa menyembuhkan segala penyakit. Bacaan ayat-ayat alquran tidak hanya sebagai ritual ibadah terkait shalat semata, pembacaan atau pelafalan ayat-ayat alquran memiliki dimensi yang luas sehingga dalam penerapannya selalu menjadi bacaan yang utama. Pembacaan surat Al-fatihah dan Ayat Kursi selalu mengiringi metode pengobatan ini. Media pengobatan yang digunakan oleh KH.Acep adalah air yang diberi bacaan alquran ayat Kursi dan surat Al-Fatihah dan banyak pasien yang merasa banyak berpengaruh setelah berobat dengan KH.Acep. Pasien yang datang akan menjadi lebih baik dan mereka merasa bahwa mereka lebih dekat dengan Allah karena setelah berobat di KH.Acep mereka dianjurkan selalu mengingat Allah dan meminta pertolongan hanya kepada Allah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengobatan Alternatif; ayat al quran
Subjects: Psychology
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: dede winarti wina
Date Deposited: 15 Nov 2019 06:45
Last Modified: 15 Nov 2019 07:29
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/27323

Actions (login required)

View Item View Item