Konstruksi wartawan tentang berita bencana di Harian Umum Galamedia: Analisis Wacana Model Teun A. van Dijk pada berita bencana

Yusuf, Solehan (2019) Konstruksi wartawan tentang berita bencana di Harian Umum Galamedia: Analisis Wacana Model Teun A. van Dijk pada berita bencana. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (909kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy

Abstract

Sebuah bencana dapat dikatakan sebagai bencana alam jika terjadi tanpa adanya campur tangan manusia, seperti tsunami, gempa bumi, letusan gunung berapi dan sebagainya. Tahun 2018 adalah tahun dimana bencana besar beberpa kali terjadi, khusus di bulan Desember 2018, bencana tsunami menutup tahun dengan dukacita. Lewat pemberitaan yang massif, Indonesia lebih dikenal dunia internasional karena bencana yang sering terjadi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana struktur makro pada berita bencana di Harian Umum Galamedia edisi Desember 2018, mengetahui superstruktur pada berita bencana di Harian Umum Galamedia edisi Desember 2018, dan untuk mengetahui struktur mikro pada berita bencana di Harian Umum Galamedia edisi Desember 2018. Teori yang digunakan adalah Teori Konstruksi Realitas Sosial. Yang dikenalkan oleh Peter L. Berger dan Thomas Luckmann. Proses pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan dokumentasi atau penelusuran literasi. Metodologi yang digunakan adalah metode analisis wacana model Teun A. van Dijk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena dirasa sejalan dalam memahami konstruksi wartawan tentang berita bencana. Dalam analisis teks, yang diteliti adalah struktur teks yang terdiri dari struktur makro, superstruktur dan struktur mikro. Dengan melihat struktur tersebut, akan diketahui maksud dari apa yang ditulis oleh wartawan pada sebuah berita yang dimuat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa struktur makro atau ide utama sebuah berita lebih banyak disimpan di awal berita, yaitu pada paragraf pertama dan ide utama lebih banyak mengangkat berita mengenai pasca bencana, disusul berita saat bencana dan pra bencana. Superstrukturnya menggunakan skema yang rapi, dari judul, isi berita dan beberapa berita diberikan subjudul yang masih berhubungan. Struktur mikro yang ditulis wartawan menunjukan berita yang positif dan netral. Dari detil setiap berita yang ditulis, maksud yang ingin disampaikan, bentuk kalimat yang digunakan, penggunaan kata hubung dan kata ganti serta unsur stilistik, ekpresi yang dituliskan wartawan dalam beritanya, foto yang dicantumkan di setiap berita dan pilihan kiasan yang dimasukkan dalam beritanya, wartawan cenderung netral dalam penyampaiannya. Tidak memihak pemerintah ataupun masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Analisis wacana; berita bencana; wartawan
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Biography, Obituary > Journalist and News Commentators Biography
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Solehan Yusuf
Date Deposited: 15 Nov 2019 07:18
Last Modified: 15 Nov 2019 07:18
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/27345

Actions (login required)

View Item View Item