Manajemen Pendidikan Islam Berbasis Intellectual Capital Management : Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Bandung dan Madrasah Aliyah Swasta Husnul Khatimah Kuningan)

Batubara, Noor Azida (2018) Manajemen Pendidikan Islam Berbasis Intellectual Capital Management : Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Bandung dan Madrasah Aliyah Swasta Husnul Khatimah Kuningan). Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (585kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy

Abstract

Manajemen pendidikan di lingkungan Madrasah Aliyah (MA) hingga saat ini masih belum mampu meningkatkan kualitas pendidikan yang menguatkan preferensi MA sebagai mainstream pendidikan nasional. Diperlukan upaya untuk menempatkan kembali MA ke dalam karakter aslinya sebagai lembaga Pendidikan Islam yang seharusnya merepresentasikan Islam dalam berbagai aspek pendidikan. Intellectual Capital Management merupakan konsep manajemen yang mengintegrasikan 3 (tiga) intangible assets MA yaitu human capital (HC), structural capital (SC), dan relational capital (RC). Semua ini dimenej melalui arus pengetahuan dan spiritual untuk mencapai al-falah yang mengindikasikan kesuksesan di dunia dan di akhirat. Penelitian ini menggunakan paradigma interpretatif melalui pendekatan naturalistik dengan menggunakan metode kualitatif-deskriptif. Metode pengambilan data dan analisis dilakukan dengan menggunakan platform dari Intellectual Capital Management untuk menggambarkan kompleksitas intangible asset di MA. Teknis analisis data dilakukan menggunakan teknik deskriptif melalui model analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, display data, dan penarikan simpulan yang dipadukan dan dibandingkan untuk meningkatkan realibilitas dan validitas melalui pengecekan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa: (1) Pengorganisasian potensi Intellectual Capital kedua MA masih memerlukan penataan yang baik sehingga dapat menciptakan inovasi dan nilai yang berkelanjutan (sustainable) bagi madrasah. (2) Optimalisasi potensi IC di MA Negeri 1 Bandung yang terbaik yaitu aspek HC. Adapun optimalisasi potensi IC di MA Swasta Husnul Khotimah Kuningan yang terbaik yaitu HC dan RC. HC ditunjang dengan pembinaan khusus terhadap aspek spiritual. (3) Pengembangan potensi IC di kedua Madrasah Aliyah berdampak secara signifikan bagi kualitas pendidikan didalamnya sehingga diperlukan sebuah sistem yang menjadikan potensi tersebut sebagai daya saing dan nilai yang sustainable bagi Madrasah Aliyah. (4) Faktor-faktor yang mendukung pengembangan ICM di kedua MA bersifat internal madrasah, adapun faktor penghambat adalah proses beradaptasi dengan prosedur ICM, dan kebijakan pemerintah untuk memberlakukan ICM sebagai manajemen pendidikan MA. Temuan penelitian ini adalah direkomendasikannya Islamic Intellectual Capital Management sebagai sebuah konsep manajemen pendidikan yang mengintegrasikan intelektual (ICM) dan spiritual (Tauhid) dengan capaian pada titik al-falah, sehingga terbentuk MA dengan sumber daya manusia, inovasi, dan networking yang terbaik dan berkualitas yang melahirkan output berkualitas seimbang antara ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) maupun iman dan taqwa (IMTAQ).

Item Type: Thesis (Doktoral)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pendidikan Islam; Islamic Intellectual Capital Management: Intellectual Capital Management
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
General Management > Education, Research of Management
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam
Depositing User: Azida Noor Batubara
Date Deposited: 15 Nov 2019 07:21
Last Modified: 15 Nov 2019 07:21
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/27356

Actions (login required)

View Item View Item