Analisa hukum ekonomi syari’ah terhadap jual beli kelapa dengan cara Rad di Desa Rancah Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis

Irawan, Yuliana Amerlina (2016) Analisa hukum ekonomi syari’ah terhadap jual beli kelapa dengan cara Rad di Desa Rancah Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (511kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (919kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (793kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (831kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)

Abstract

Jual beli kelapa dengan cara rad merupakan salah satu aktifitas jual beli sebagian masyarakat di Desa Rancah Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis dimana kelapa yang belum dikupas dihargai dengan disamaratakan harganya antara yang kecil, sedang dan besar. Aktifitas jual beli ini terjadi disebabkan oleh banyaknya pemilik kebun kelapa dan banyaknya mata pencaharian masyarakat sebagai petani yang kemudian dimanfaatkan untuk memperoleh penghasilan demi mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari atau sekedar kebutuhan mendesak. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menjelaskan pelaksanaan jual beli kelapa dengan cara rad, 2) Mengetahui manfaat dan madharat jual beli kelapa dengan cara rad, 3) Mengetahui tinjauan akad al-bay’ terhadap jual beli kelapa dengan cara rad. Penelitian ini bertitik tolak pada pemikiran bahwa prinsipnya segala macam bentuk muamalah khususnya jual beli adalah sah sampai terdapat dalil yang mengaharamkan atau membatalkan. Pada dasarnya hukum Islam sangat memperhatikan aspek situasi, tujuan dan zaman dengan memperhatikan aspek kemaslahatan serta menghilangkan aspek kemadharatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi, yaitu memaparkan seputar pelaksanaan jual beli kelapa dengan cara rad di Desa Rancah Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis. Sumber data primernya adalah penjual dan pembeli kelapa di Desa Rancah, sedangkan sumber data sekundernya adalah bagian tertentu dari buku-buku, artikel, dan tulisan lain yang berhubungan dengan masalah penelitian. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara, serta studi kepustakaan. Data dianalisis dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Pelaksanaan jual beli kelapa dengan cara rad dimana pembeli membeli ukuran kelapa yang berbeda-beda ukuran dengan disamaratakan harganya, 2) Manfaat jual beli kelapa dengan cara rad adalah memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari atau kebutuhan mendesak kedua pihak dan madharatnya harga kelapa dibeli dengan cara disamakan harganya untuk semua ukuran sedangkan ketika pembeli menjual ke tengkulak harganya berbeda-beda menyesuaikan ukuran (kecil, sedang, besar), 3) Tinjauan akad albā’i terhadap jual beli kelapa dengan cara rad telah memenuhi rukun dan syarat jual beli menurut syari’at. Namun pada akadnya ada penyamarataan harga terhadap kualitas kelapa yang berbeda-beda karena disebabkan kesulitan petani memisahkan per ukuran dan tidak adanya alat khusus untuk mengukur diameter kelapa. Sehingga jual beli ini mengandung gharar yasīr (ketidakjelasannya sedikit), gharar yasīr dima’afkan dan tidak merusak akad. Jual beli ini masuk ke dalam jenis “ba’i jizāf” kategori barang qimiyat dengan kedudukan hukumnya adalah dibolehkan. Dengan demikian, jual beli kelapa dengan cara rad di Desa Rancah Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis menurut tinjauan akad al-bay’ dalam Hukum Ekonomi Syari’ah hukumnya adalah sah (dibolehkan).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: ekonomi syari'ah; jual beli kelapa; cara rad;
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Rizal Mohamad Sihabudin
Date Deposited: 18 Nov 2019 01:21
Last Modified: 18 Nov 2019 01:21
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/27415

Actions (login required)

View Item View Item