Perbandingan penerapan model pembelajaran Poster Comment dengan model pembelajaran konvensional terhadap peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi etos kerja: Penelitian quasi eksperimen di kelas VII SMP Karya Pembangunan 10 Kota Bandung

Hidayat, Lillah Adih (2017) Perbandingan penerapan model pembelajaran Poster Comment dengan model pembelajaran konvensional terhadap peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi etos kerja: Penelitian quasi eksperimen di kelas VII SMP Karya Pembangunan 10 Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (732kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (743kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan di kelas VII SMP Karya Pembangunan 10 Kota Bandung yang dilakukan dengan mewawancarai dengan salah satu guru mata pelajaran PAI, diketahui bahwa selama proses pembelajaran PAI menggunakan model konvensional seperti ceramah. Karena hal ini menyebabkan banyak siswa yang jarang bertanya kepada guru, siswa tidak memperhatikan materi yang disampaikan, tidak disiplin mengumpulkan tugas. Kemungkinan penyebab rendahnya aktivitas belajar siswa diduga dari penggunaan model pembelajaran yang cenderung masih bersifat konvensional. Salah satu alternatif yang dapat dilakukan dalam meningkatkan aktivitas belajar yang rendah yaitu menggunakan model pembelajaran yang bervariasi, pembelajaran yang mampu membuat siswa agar senantiasa bekerja sama, dan aktif selama proses pembelajaran berlangsung Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) kondisi awal dan akhir aktivitas yang menggunakan model pembelajaran poster comment (2) kondisi awal dan akhir aktivitas yang menggunakan model pembelajaran konvensional (3) peningkatan aktivitas belajar siswa yang menggunakan model poster comment (4) peningkatan aktivitas belajar siswa yang menggunakan model konvensional (5) perbedaan aktivitas belajar siswa antara menggunakan model pembelajaran poster comment dan model konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dengan desain pre-test post-test. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas dengan jumlah masing-masing kelas 30 siswa. Instrumen penelitian berupa angket aktivitas belajar siswa sebanyak 20 pernyataan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kondisi awal aktivitas belajar dan akhir aktivitas yang menggunakan model pembelajaran poster comment diperoleh nilai pre-test 71 dan post-test 81,3 (2) kondisi awal dan akhir aktivitas yang menggunakan model pembelajaran konvensional diperoleh nilai pre-test 71,1 dan post-test 75 (3) peningkatan aktivitas belajar siswa yang menggunakan model poster comment, hasil dari pre-test dan post-test dapat diketahui bahwa kelas yang menggunakan model poster comment intepretasi sedang (4) peningkatan aktivitas belajar siswa yang menggunakan model konvensional, hasil dari pre-test dan post-test dapat diketahui bahwa kelas yang menggunakan model konvensional intepretasi rendah (5) terdapat perbedaan yang signifikan aktivitas belajar siswa antara yang menggunakan model pembelajaran poster comment dan model pembelajaran konvensional hal ini dapat terlihat dari hasil yang menyebutkan bahwa kelas eksperimen berinterpretasi sedang dan kelas kontrol berinterpretasi rendah. Dengan kata lain aktivitas belajar siswa menggunakan poster comment lebih dapat mempengaruhi aktivitas belajar siswa dibandingkan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Poster Comment; Model pembelajaran konvensional; Aktivitas Belajar Siswa
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Education > Research and Statistical Methods
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: lillah adih hidayat
Date Deposited: 20 Nov 2019 07:41
Last Modified: 20 Nov 2019 07:41
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/27475

Actions (login required)

View Item View Item