Strategi reading aloud untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-quran siswa pada pembelajaran Al-quran hadits: Penelitian tindakan kelas terhadap siswa kelas III MI Ar-Ridha Jakarta Utara

Choirunnisa, Choirunnisa (2019) Strategi reading aloud untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-quran siswa pada pembelajaran Al-quran hadits: Penelitian tindakan kelas terhadap siswa kelas III MI Ar-Ridha Jakarta Utara. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (240kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan dengan melakukan wawancara kepada guru Al-Qur`an Hadits kelas III diperoleh informasi bahwa kemampuan membaca Al-Qur`an siswa masih rendah. Hal itu ditunjukan dari nilai mereka masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Rendahnya kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur`an disebabkan karena guru belum menggunakan strategi pembelajaran yang bervariasi. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui kemampuan membaca Al-Qur`an sebelum digunakan strategi Reading Aloud. 2) Mengetahui penerapan strategi Reading Aloud pada pembelajaran Al-Qur`an Hadits setiap siklus. 3) Mengetahui kemampuan membaca Al-Qur`an setelah digunakan strategi Reading Aloud setiap siklus. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur`an dipengaruhi oleh berbagai faktor. Salah satunya pengggunaan strategi belajar yang tepat, termasuk strategi Reading Aloud. Berdasarkan hal tersebut maka hipotesis yang diajukan adalah Penerapan Strategi Reading Aloud diduga dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur`an pada pembelajaran Al-Qur`an Hadits Materi QS. Al-Fatihah dan Q.S Al-Ikhlas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data berupa tes, obsevasi aktivitas guru dan siswa, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pendekatan logika untuk data kualitatif dan pendekatan statisik untuk data kuantitatif. Subjek yang dilakukan terhadap siswa kelas III MI Ar-Ridha yang berjumlah 28 orang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Berdasarkan analisis data, diperoleh simpulan 1) kemampuan membaca Al-Qur`an siswa sebelum digunakan Strategi Reading Aloud masih rendah. Siswa mendapat nilai rata-rata 47,9 dengan ketuntasan klasikal 7,14%. 2) Penerapan strategi Reading Aloud berjalan dengan baik sesuai dengan tahapannya. Aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus 1 aktivitas guru mendapat presentase sebesar 90%. Pada siklus 2 aktivitas guru mendapat presentase sebesar 94,7%. Aktivitas siswa pada siklus 1 mendapat presentase sebesar 85,4%. Pada siklus 2 aktivitas siswa mendapat presentase sebesar 94,7%. 3) Kemampuan membaca Al-Qur`an siswa setelah menggunakan strategi Reading Aloud mengalami peningkatan. Pada siklus 1 Nilai rata-rata siswa mendapat nilai sebesar 58,7 dengan ketuntasan klasikal 28,10% dengan kriteria rendah. pada siklus 2 Nilai rata-rata hasil tes siswa mendapat hasil 81 dengan ketuntasan klasikal 94,6%. Kriteria tersebut berada diantara 80-100 yang menandakan hasil tes kemampuan membaca Al-Qur`an siswa sudah tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan; Pembelajaran Al-Qur`an Hadits; Reading Aoud
Subjects: Elementary Education > Elementary Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nisa Choirunnisa
Date Deposited: 19 Nov 2019 07:22
Last Modified: 19 Nov 2019 07:22
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/27506

Actions (login required)

View Item View Item