Pengaruh model pembelajaran Predict Observe Explain berbantu Virtual Laboratorium terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem ekskresi

Hasyanah, Yuyun (2019) Pengaruh model pembelajaran Predict Observe Explain berbantu Virtual Laboratorium terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem ekskresi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (287kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil studi pendahuluan yang dilakukan menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran masih terpusat pada guru dimana komunikasi pembelajaran lebih banyak terjadi satu arah, serta berdasarkan hasil mencocokan antara tipe soal dan indikator berpikir kritis diketahui kemampuan berpikir kritis belum banyak dikembangkan dan diterapkan di Sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh model pembelajaran predict observe explain berbantu virtual laboratorium terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem ekskresi serta keterlaksanaan pembelajaran Predict Observe Explain (POE). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen design. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI IPA SMA Karya Budi Bandung. Pemilihan sampel menggunakan teknik sampling jenuh, yang terdiri dari 35 siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran predict observe explain) berbantu virtual laboratorium dan 31 siswa kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model Discovery Learning. Proses penelitian dilakukan tiga kali pertemuan yang dimulai dari tanggal 22 April 2019 sampai 24 April 2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model predict observe explain berbantu virtual laboratorium memperoleh rata-rata sebesar 92,4% untuk aktivitas guru dan 86% untuk aktivitas siswa dengan kategori sangat baik. Kemampuan berpikir kritis siswa menghasilkan nilai rata-rata pretest, posstest dan N-Gain secara berturut-turut adalah 52,29; 81,17, dan 0,60 untuk kelas eksperimen dan 52,29; 78,35; 0,55 untuk kelas kontrol. Respon siswa terhadap proses pembelajaran memiliki nilai rata-rata 4,2 dengan kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dengan penggunaan model pembelajaran predict observe explain berbantu virtual laboratorium terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem ekskresi dengan thitung > ttabel (2,17 > 1,99).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis; Predict Observe Explain; Sistem Ekskresi; Virtual Laboratorium;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: yuyun hasyanah
Date Deposited: 20 Nov 2019 02:59
Last Modified: 20 Nov 2019 02:59
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/27516

Actions (login required)

View Item View Item