Peran religiusitas remaja dalam menanggulangi perilaku bullying study kasus kelas VIII di Mts Al Jawami Cileunyi Bandung

Nugraha, Elis Nurma (2017) Peran religiusitas remaja dalam menanggulangi perilaku bullying study kasus kelas VIII di Mts Al Jawami Cileunyi Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (528kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB) | Request a copy

Abstract

Bullying merupakan perasaan seseorang yang memiliki keinginan untuk menyakiti dan sebagian besar harus melibatkan ketidakseimbangan kekuatan, dimana orang atau kelompok yang menjadi korban adalah yang tidak memiliki kekuatan dan perlakuan ini terjadi berulang-ulang dan diserang secara tidak adil. Kejadian bullying ini menjadi kekhawatiran bagi orangtua yang memiliki anak di usia remaja, tidak hanya orangtua, remaja yang lain dan lingkungan sekitarpun merasakan khawatir akan adanya tidakan bullying. Religiusitas adalah suatu totalitas keberagamaan seseorang sebagai penganut agama yang memiliki lima dimensi yaitu dimensi keyakinan, praktek agama, pengetahuan agama, pengalaman dan konsekuensi.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) religiusitas remaja di MTs Al-Jawami (2) bentuk bullying yang dilakukan oleh siswa MTs Al-Jawami (3) peran religiusitas remaja terhadap perilaku bullying. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yaitu sebuah penelitian yang menggunakan informasi yang diperoleh dari sasaran penelitian yang disebut informan melalui instrumen pengumpulan data, wawancara, dan observasi. Wawancara dilakukan kepada informan kunci dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII, guru BK, kurikulum dan wakil kepala sekolah .Informasi yang didapat dari informan dilakukan kepada 9 orang siswa yakni 4 orang siswa laki-laki dan 5 orang siswa perempuan. Kemudian hasil data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan metode deskriptip kualitatif.Hasil penelitian menunjukan bahwa Bullying yang terjadi dikalangan siswa kelas VIII MTs Al-Jawami terjadi langsung di lingkungan sekolah. Perilaku bullying, yang terjadi pada siswa kelas VIII yitu bersifat verbal tidak langsung yang dialami oleh siswa perempuan yaitu mendiamkan seseorang, mengucilkan teman, dan menjelekan teman. Sedangkan perilaku bullying yang dilakukan oleh siswa laki-laki adalah bersifat verbal yaitu menjuluki teman dengan sebutan tidak pantas seperti panggilan orangtua. Religiusitas ini sangat berperan bagi remaja, jika religiusitas tidak dilakukan secara tidak konsisten oleh siswa seperti melalaikan perintah Allah maka seseorang itu tidak akan memiliki rasa takut untuk melakukan hal keburukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Religiusitas;Remaja;Bullying
Subjects: Religious Experiences
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: elis nurma nugraha
Date Deposited: 21 Nov 2019 06:57
Last Modified: 21 Nov 2019 06:57
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/27525

Actions (login required)

View Item View Item