Pengaruh bimbingan pribadi-sosial terhadap pemahaman kesetaraan gender pada mahasiswa: Penelitian pada mahasiswa aktivis organisasi ekstra PMII kampus UIN Sunan Gunung Djati Bandung Fakultas Dakwah dan Komunikasi

Kudsiyah, Umi Rosiqotul (2018) Pengaruh bimbingan pribadi-sosial terhadap pemahaman kesetaraan gender pada mahasiswa: Penelitian pada mahasiswa aktivis organisasi ekstra PMII kampus UIN Sunan Gunung Djati Bandung Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (754kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy

Abstract

Mahasiswa mempunyai tugas penting dalam kehidupan bermasyarakat untuk memajukan wilayahnya atau yang sering disebut dengan agent of change, maka dari ini adanya bimbingan pribadi-sosial merupakan usaha bimbingan, dalam membantu menghadapi dan memecahkan masalah pribadi-sosial, seperti penyesuaian diri, menghadapi konflik dan menjadikan seseorang percaya diri tanpa memandang konseli itu laki-laki ataupun perempuan, seperti halnya kesetaraan gender yang mengangkat hak-hak kesetaraan baik laki-laki ataupun perempuan tidak berdasarkan jenis kelamin melainkan berdasarkan kemampuan dan potensi diri. Maka dari itu peneliti ingin membuktikan adanya pengaruh atau tidak jika layanan bimbingan pribadi-sosial dilakukan dalam penyampaian kesetaraan gender. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bimbingan Pribadi-Sosial terhadap pemahaman kesetaraan gender di kalangan aktivis organisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Komisariat UIN Sunan Gunung Djati Bandung Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Teori dalam penelitian ini adalah Teori Bimbingan Pribadi-Sosial dari Dewa Ketut Sukardi bahwa bimbingan pribadi-sosial merupakan usaha bimbingan, dalam menghadapi masalah pribadi-sosial seperti penyesuaian diri, menghadapi konflik dan pergaulan. Penelitian ini menggunakan Metode Quasi Eksperimen. Metode eksperimen adalah bagian dari Metode Kuantitatif yang mempunyai ciri khas tersendiri, yaitu adanya kelompok kontrol dan eksperimen penelitian, dengan teknik proposive sampling. Berdasarkan penelitian ini hasil yang dicapai adalah terdapat pengaruh dari diterapkannya Layanan Bimbingan Pribadi-Sosial dibuktikan dengan hasil uji t yakni 0,019<0,05. Kemudian tingkat signifikansinya adalah sangat signifikan, dapat dibuktikan dengan hasil uji t pada kolom signifikansi adalah 0,722>0,2353.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan; Pribadi-sosial; Kesetaraan gender
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Umi Rosiqotul Kudsiyah
Date Deposited: 20 Nov 2019 04:17
Last Modified: 20 Nov 2019 04:17
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/27526

Actions (login required)

View Item View Item