Peran penyuluh agama dalam meningkatkan perilaku beragama masyarakat pesisir: Penelitian pada masyarakat pesisir Pangandaran

Rifdiana, Alida Nurlia (2019) Peran penyuluh agama dalam meningkatkan perilaku beragama masyarakat pesisir: Penelitian pada masyarakat pesisir Pangandaran. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (175kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari fenomena yang ada pada masyarakat pesisir Pangandaran diantaranya yaitu kegiatan tradisi hajat laut yang didalamnya terdapat kegiatan memberikan sesajen kepada laut dan dan dianggap sebagai suatu permasalahan karena tidak sesuai dengan ajaran agama Islam dan dapat merusak akidah masyarakat, sehingga dalam menyikapi hal ini pemerintah dalam hal ini penyuluh agama hadir di tengah-tengah mereka untuk membantu meluruskan kembali akidah mereka. Penyuluh agama adalah pegawai di jajaran kementerian agama RI yang diberi tugas, wewenang, hak dan tanggung jawab dari pejabat yang berwenang untuk melakukan bimbingan keagamaan dan pembangunan melalui bahasa agama dalam kegiatan penyuluhan agama. Sedangkan masyarakat pesisir adalah masyarakat yang hidup di tepian pantai dan umumnya berprofesi sebagai nelayan. Penyuluh agama salah satunya berfungsi untuk mengajarkan ilmu agama kepada masyarakat dalam hal ini adalah masyarakat pesisir untuk menumbuhkan perilaku yang sesuai dengan ajaran agama. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kondisi keagamaan masyarakat pesisir Pangandaran, melihat dan turut serta dalam proses kegiatan penyuluhan agama yang dilakukan oleh penyuluh agama kepada masyarakat pesisir Pangandaran dan untuk menganalisis perkembangan perilaku beragama masyarakat pesisir setelah mengikuti kegiatan penyuluhan agama. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data digunakan dengan penafsiran logika yang dihubungkan dengan konteks Bimbingan Konseling Islam. Berdasarkan penelitian, menunjukkan bahwa perilaku beragama masyarakat pesisir Pangandaran sebelum datangnya penyuluh agama dapat dikatakan sudah cukup baik namun masih membutuhkan bimbingan. Misalnya dalam hal ibadah sholat para nelayan kurang memperhatikan kewajibannya namun setelah datang penyuluh agama mereka cenderung lebih kritis untuk mengetahui ilmu keagamaan khususnya tata cara sholat ketika sedang di tengah laut. Mereka juga masih kental dengan tradisi memberikan sesajen ketika berlangsungnya kegiatan hajat laut, dalam hal ini penyuluh agama berperan dalam membantu meluruskan akidah mereka. Namun di sisi lain ada sebagian dari mereka juga sudah memiliki pemahaman keagamaan yang baik serta berperilaku sesuai dengan ajaran agama. Secara umum, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peran penyuluh agama dalam meningkatkan perilaku beragama masyarakat pesisir Pangandaran cukup berpengaruh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penyuluh Agama;Perilaku Beragama;Masyarakat Pesisir;
Subjects: Social Theology and Interreligious Relations and Attitudes
Religious Education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Alida Nurlia Rifdiana
Date Deposited: 21 Nov 2019 06:38
Last Modified: 21 Nov 2019 06:38
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/27539

Actions (login required)

View Item View Item