Penerapan E-learning berbasis Moodle untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa: Penelitian kuasi eksperimen pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Cileunyi

Sriwulan, Permanik Ahni (2019) Penerapan E-learning berbasis Moodle untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa: Penelitian kuasi eksperimen pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Cileunyi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_ DAFTAR ISI.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_ BAB I.pdf

Download (436kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_ BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_ BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_ BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (822kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_ BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_ DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa; perbedaan pencapaian kemampuan pemahaman matematis siswa; sikap siswa terhadap pembelajaran E-learning berbasis Moodle; kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal kemampuan pemahaman matematis. Metode penelitian kuantitatif. Penelitian dilakukan di SMPN 1 Cileunyi. Populasi penelitian ini adalah kelas VIII dengan pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling, sehingga diperoleh kelas VIII C dan VIII D. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan pemahaman matematis, dan lembar skala sikap siswa. Hasil penelitian diperoleh: terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis; terdapat perbedaan pencapaian kemampuan pemahaman, perbedaan pencapaian pemahaman berdasarkan tingkat PAM (tinggi, sedang dang rendah) dan tidak terdapat perbedaan interaksi antara faktor pembelajaran dan tingkat PAM (tinggi, sedang dang rendah); sikap siswa terhadap pembelajaran E-learning berbasis Moodle memberikan respon positif; kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal pemahaman pada indikator menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu dan mengaplikasikan konsep dan algoritma ke pemecahan masalah dengan tindak lanjut memberikan soal berpikir non rutin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: E-learning; Moodle; Kemampuan Pemahaman Matematis
Subjects: Education
Education > Research and Statistical Methods
Applied mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Permanik Ahni Sriwulan
Date Deposited: 22 Nov 2019 02:18
Last Modified: 22 Nov 2019 02:18
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/27621

Actions (login required)

View Item View Item