Tanggapan peserta didik terhadap metode reciprocal learning hubungannya dengan minat mereka dalam mengikuti mata pelajaran Pendidikan Agama Islam : penelitian di Kelas XI AK 1 SMK Pasundan Majalaya Kab. Bandung

Purnamasari, Purnamasari (2016) Tanggapan peserta didik terhadap metode reciprocal learning hubungannya dengan minat mereka dalam mengikuti mata pelajaran Pendidikan Agama Islam : penelitian di Kelas XI AK 1 SMK Pasundan Majalaya Kab. Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (518kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari fenomena yang muncul, berdasarkan studi pendahuluan yang penulis lakukan terhadap guru di SMK Pasundan Majalaya diperoleh keterangan bahwa pada umumnya minat peserta didik dalam mengikuti mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kurang terlihat minat belajarnya. Dari kenyataan diatas guru mencoba mencari solusi untuk menanggulangi rendahnya minat belajar peserta didik. Dengan menggunakan metode reciprocal learning mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Berkenaan dengan hal itu peniliti, bagaimana tanggapan peserta didik terhadap metode reciprocal learning yang diterapkan oleh guru dan hubungannya dengan minat belajar mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) realitas tanggapan peserta didik terhadap penggunaan metode reciprocal learning dalam mengikuti mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, 2) realitas minat belajar peserta didik terhadap penggunaan metode reciprocal learning dalam mengikuti mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, dan 3) realitas hubungan antara penggunaan metode reciprocal learning dengan minat peserta didik dalam mengikuti mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertolak dari asumsi bahwa tanggapan peserta didik terhadap metode reciprocal learning dapat mengarahkan, membantu dan menumbuhkan minat mereka dalam pembelajaran seseorang pada suatu tujuan, dan merupakan dorongan bagi perbuatan itu. Dibuatlah suatu hipotesis yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara tanggapan peserta didik terhadap penerapan metode reciprocal learning dengan minat belajar mereka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket, wawancara, observasi dan studi kepustakaan. Pengolahan data dianalisis dengan menggunakan dua pendekatan yaitu teknik parsial dan korelasional menggunakan rank dan spearman. Dari hasil analisis data diperoleh; kenyataan bahwa 1) realitas tanggapan peserta didik terhadap penggunaan metode reciprocal learning berkategori cukup. Berdasarkan nilai rata-rata 3,3, pada interval 2,5 -3,5. 2) realitas minat belajar peserta didik terhadap penggunaan metode reciprocal learning berkategori cukup. Berdasarkan nilai rata-rata 3,3 pada interval 2,5 - 3,5. 3) Adapun realitas hubungan antara penggunaan metode reciprocal learning dengan minat peserta didik diperoleh sebesar 0,71 dengan kualifikasi cukup karena di antara 0,60 – 0,80. Hasil uji hipotesisnya bahwa harga t hitung sebesar 8,22 dan t tabel sebesar 1,68. Dengan demikian, hipotesis alternatif (Ha) yang diajukan diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Oleh karena itu, maka tanggapan peserta didik terhadap metode reciprocal learning hubungannya dengan minat mereka sebesar 30% dan 70% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode reciprocal learning ; Minat; Hipotesi Alternatif;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 21 Nov 2019 02:38
Last Modified: 21 Nov 2019 02:38
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/27647

Actions (login required)

View Item View Item