Tanggapan peserta didik terhadap strategi pembelajaran MURDER (Mood, Understand, Recall, Detect, Elaborate, and review) hubungannya dengan prestasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI : Penelitian di kelas VIII SMP Mekar Galih Bandung

Abdillah, Pani (2016) Tanggapan peserta didik terhadap strategi pembelajaran MURDER (Mood, Understand, Recall, Detect, Elaborate, and review) hubungannya dengan prestasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI : Penelitian di kelas VIII SMP Mekar Galih Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2-abstrak.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (656kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II KAJIAN TEORITIS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III ANALISIS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (695kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV Kesimpulan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari fenomena yang terjadi di SMP Mekar Galih, berdasarkan studi pendahuluan melalui wawancara dengan guru mata pelajaran PAI, diperoleh informasi bahwa sebelum memulai proses pembelajaran, guru PAI senantiasa menciptakan suasana yg menenangkan (mood). Mestinya peserta didik siap untuk belajar, mengikuti pembelajaran dengan baik, dan mendaptkan nilai bagus. Namun pada kenyataannya masih terdapat peserta didik yang mempunyai prestasi/mendapatkan nilai dibawah rata-rata yang telah ditentukan. Fenomena tersebut menimbulkan permasalahan yang harus diteliti, yakni bagaimana hubungan tanggapan peserta didik terhadap strategi pembelajaran MURDER dengan prestasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) realitas tanggapan peserta didik terhadap strategi pembelajaran MURDER, (2) realitas prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI, dan (3) untuk mengetahui realitas hubungan antara tanggapan peserta didik terhadap strategi pembelajaran MURDER dengan prestasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI. Dasar pemikiran penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa prestasi belajar peserta didik di sekolah salah satunya dipengaruhi oleh tanggapan mereka terhadap strategi pembelajaran. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah semakin positif tanggapan peserta didik terhadap strategi pembelajaran yang guru berikan, maka akan semakin baik pula prestasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, karena metode ini tepat untuk menggali, mengungkap dan menganalisis masalah yang terjadi pada masa sekarang. Sampel dalam penelitian ini diambil dari seluruh populasi yang diteliti. Pengambialn sampel total 58 peserta didik di kelas VIII SMP Mekar Galih. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes; observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Pengolahan data dianalisis dengan menggunakan dua pendekatan yaitu teknik parsial dan korelasional menggunakan product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) realitas tanggapan tanggapan peserta didik terhadap strategi pembelajaran MURDER berkategori netral. Hal ini ditunjukan oleh skor rata-rata 3,4, antara interval nilai 2,5 – 3,5. (2) Realitas prestasi belajar berkategori cukup. Hal ini ditunjukan oleh nilai rata-rata 67,4., di antara interval nilai 60 – 69. Dan (3) realitas hubungan antara keduanya adalah (a) harga koefisien korelasinya rendah, skor 0,21 di antara interval 0,21 – 0,40. (b) hipotesisnya ditolak, berdasarkan thitung (1,63) < ttabel (2,00). Derajat pengaruhnya sebesar 3%. Hal ini berarti masih ada faktor lain sebesar 97% yang dapat mempengaruhi prestasi prestasi belajar mereka pada mata pelajaran PA I.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peserta didik; Pembelajaran MURDER ; Prestasi belajar;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 21 Nov 2019 03:29
Last Modified: 21 Nov 2019 03:29
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/27649

Actions (login required)

View Item View Item