Respon siswa terhadap metode scramble hubungannya dengan minat belajar PAI : penelitian terhadap Siswa Kelas V SDN 2 Kertamukti

Addawiyah, Robbiyatul (2016) Respon siswa terhadap metode scramble hubungannya dengan minat belajar PAI : penelitian terhadap Siswa Kelas V SDN 2 Kertamukti. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1-cover.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (572kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB)
[img] Text (BAB IV)
7-VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari fenomena yang ditemukan di kelas V SDN 2 Kertamukti, bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode scramble ditanggapi secara positif oleh siswa. Hal ini dapat terlihat dari antusias siswa ketika mengikuti pembelajaran. Tetapi di sisi lain diperoleh informasi bahwa minat mereka rendah, hal ini terlihat dari kemauan belajar siswa rendah, yakni dari 30 siswa hanya 10 siswa yang berpartisipasi aktif dalam proses belajar mengajar. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: (1) Realitas Respon siswa terhadap metode scramble, (2) Realitas Minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, (3) Realitas hubungan antara respon siswa terhadap metode scramble dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertolak pada kajian teori yang menyatakan bahwa tinggi rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya dengan penggunaan metode pembelajaran scramble. Dari asumsi tersebut dirumuskan hipotesis, semakin positif respon siswa terhadap metode scramble maka semakin tinggi pula minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan datanya dengan cara penyebaran angket, wawancara, observasi, dan studi dokumen. Sampel pada penelitian ini sebanyak 30 siswa. Analisis data menggunakan pendekatan logika untuk data kualitatif dan pendekatan statistik untuk data kuantitatif dengan menempuh analisis parsial perindikator dan korelasi. Analisis kedua variabel menggunakan teknik korelasi Rank karena salah satu variabelnya tidak berdistribusi normal. Dari hasil analisis, dapat diketahui bahwa respon siswa terhadap metode scramble termasuk ke dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata 3,8. Adapun minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI termasuk ke dalam kategori sangat tinggi dengan nilai rata-rata 4,3. Realitas hubungan antara respon siswa terhadap metode scramble dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI sebesar 0,14 dengan kategori sangat rendah karena terdapat pada interval 0,10-0,40. Hasil uji hipotesisnya membuktikan bahwa t hitung sebesar 0,14 dan t table 1,70, maka Ha ditolak dan Ho diterima. Hal ini menunjukkan bahwa kadar pengaruh variable X dan Y sebesar 2% dengan demikian masih sekitar 98% faktor lain yang dapat mempengaruhi minat belajar PAI siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode scramble; Logika; Minat;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 21 Nov 2019 04:24
Last Modified: 21 Nov 2019 04:24
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/27652

Actions (login required)

View Item View Item