Pandangan Muhammad Abduh tentang pelecehan agama di dalam Tafsir Al-Manar

pratiwi, irhamna (2019) Pandangan Muhammad Abduh tentang pelecehan agama di dalam Tafsir Al-Manar. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (621kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (829kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB) | Request a copy

Abstract

Masyarakat sering kali megatakan bahwa Islam adalah agama yang mengajarkan perdamian bukan kekerasan, namun pada kenyataanya kedamaian agama hanya menjadi kata-kata yang tidak di terapkan dalam kehidupan. Adanya sikap intoleransi berdampak kepada pelecehan agama yang menimbulkan sebuah kekacauan sosial. Sekripsi ini akan membahas pandanagan Muhammad Abduh tentang pelecehan agama di dalam Tafsir al-Manar sebagai mufasir kontenporer Muhammad Abduh memiliki pandangan tersendiri mengenai pelecehan agama. Salah satu karyanya tafsir al-Manar membuat pembahasan yang sangat luas mengenai pelecehan agama dan bagaimana pandangan sosial keasyarakatan yang sesuai dengan tuntutan alquran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penafsiran Muhammad Abduh di dalam tafsir al-Manar tentang ayat-ayat yang menjelaskan mengenai pelecehan agama. Serta agar lebih memahami makna pelecehan agama secara lebih luas. Penelitian ini di fokuskan pada pertanyaan mendasar yakni Bagaimana pandangan Muahmmad Abduh mengenai pelecehan agama di dalam tafsir al-Manar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan cara menganalisis terhadap kitab al-Manar dengan teknik pengumpulan data studi kepustakaan (library researech), dengan menggunakan metode Tahlili (analisis) yang bercorak al-adab al-Ijtima’i (sosial kemasyarakatan). Adapun yang menjadi sumber primer kitab Tafsiral-Manar. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelecehan agama menurut Muhammad Abduh dalam Tafsir al-Manar terbagi ke dalam tiga aspek, pertama, mengenai terminologi pelecehan agama yakni pelecehan agama merupakan perbuataan atau ucapan yang bertujuan untuk merendahkan, menghina agama Islam maupun agama selain Islam. Kedua, tanda-tanda pelecehan agama menurut Muhammad Abduh adalah salah satunya menyombongkan diri, merendahkan orang lain dan mengina Allah dan Rasul-Nya. Ketiga, mengenai dampak dari perbuatan pelecehan agama yakni pelaku pelecehan agama menurut Muhammad Abduh mengakibatkan hilangnya keimanan yang akan menyebabkan kekufuran jika tidak bertaubat dan mendapat azab yang pedih sehingga tempatnya adalah neraka Jahanam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Muhammad Abduh ;Pelecehan Agama; Tafsir Al-Manar;
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahannya
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kumpulan Ayat-ayat dan Surat-surat Tertentu dalam Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: irhamna pratiwi
Date Deposited: 26 Nov 2019 03:21
Last Modified: 26 Nov 2019 03:21
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/27662

Actions (login required)

View Item View Item