Implementasi perencanaan program Ikatan Remaja Masjid dalam meningkatkan kemakmuran masjid : Studi deskriptif di Komunitas Pemuda Hijrah Masjid Al-Lathiif Jl. Saninten No.2 Cihapit, Bandung

Erisandi, Alief Fikar (2019) Implementasi perencanaan program Ikatan Remaja Masjid dalam meningkatkan kemakmuran masjid : Studi deskriptif di Komunitas Pemuda Hijrah Masjid Al-Lathiif Jl. Saninten No.2 Cihapit, Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (369kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy

Abstract

Masjid Al-Lathiif yang berada di tengah kota Bandung tepatnya di Jl. Saninten, No. 02, Cihapit, Bandung yang berada di tengah-tengah perumahan elite merupakan sarana peribadatan dan syiar Islam melalui kegiatan-kegiatan keagamaan serta membina masyarakat khususnya para pemuda di Indonesia agar mempunyai sikap dan kepribadian yang berakhlaqul karimah. Untuk menjadikan masjid Al-Lathiif makmur seperti di masjid Madinah, DKM Al-Lathiif menerapkan perencanaan program kegiatan keagamaan yang dipelopori oleh para pemuda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah perencanaan program Ikatan Remaja Masjid, penetapan tujuan (Estabilishing objective) perencanaan program di Masjid Al-Lathiif, serta penjadwalan (schedulling) dan penganggaran (Budgeting) program di Masjid Al-Lathiif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan pendekatan kualitatif. Adapun Teknik penelitian yang digunakan adalah Teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Data tersebut diolah secara kualitatif untuk kemudian disusun dalam beberapan kesimpulan. Teori dalam penelitian ini yaitu menggunaka n Teori Louis A. Allen bahwa fungsi perencanaan terdiri dari 7 fungsi yaitu Forecasting, Estabilishing objective, Programming, Schedulling, Budgeting, Developing procedure, Estabilishing dan interpreting policies, Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perencanaan program ikatan remaja masjid dalam meningkatkan kemakmuran masjid yaitu meliputi langkah-langkah perencanaan program keagamaan dengan menggunakan unsur -unsur perencanaan 5W+1H. Penetapan tujuan perencanaan program yaitu memperhitungkan dan mempersiapkan masa depan, menyebarkan trend hijrah ke tingkat nasional, Menentukan dan merumuskan sasaran program kegiatan keagamaan dalam rangka pencapaian tujuan, dan menetapkan metode yang baik. Kemudian penjadwalan dan penganggaran setiap program kegiatan di masjid Al-Lathiif yaitu pengurus DKM Al-Lathiif menyerahkan sepenuhnya kepada para pemuda untuk mengatur semua kegiatan yang ada di masjid Al-Lathiif sehingga penjadwalan yang dilakukan oleh remaja masjid pada setiap program yang akan dilaksanakan telah disusun dua bulan sebelum program dilaksanakan dan menentukan koordinator dan waktu yang tepat agar tidak bentrok dengan kegiatan lainnya, untuk penganggaran program yaitu remaja masjid Al-Lathiif mendapatkan sumber dana dari setiap kencleng yang diedarkan pada waktu sholat jum’at dan pada setiap kajian rutin yang dilaksanakan ditambah oleh para donatur-donatur baik dari jamaah masjid ataupun diluar masjid.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan;Program;Ikatan Remaja Masjid;Masjid
Subjects: Islam
Islam > Mosques
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Alief Fikar Erisandi
Date Deposited: 22 Nov 2019 06:15
Last Modified: 22 Nov 2019 06:15
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/27699

Actions (login required)

View Item View Item