Pengaruh aktivitas membaca Al-qur'an terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Al-qur'an Hadits: Penelitian terhadap siswa kelas VIII MTs Mifaida Darul Ihsan Bogor

Nursyifa, Neng Erna (2019) Pengaruh aktivitas membaca Al-qur'an terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Al-qur'an Hadits: Penelitian terhadap siswa kelas VIII MTs Mifaida Darul Ihsan Bogor. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (466kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (633kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan oleh penulis di MTs Mifaida Darul Ihsan melalui observasi, dengan adanya pembelajaran dan kegiatan membaca Al-Qur’an setiap mata pelajaran Al-Qur’an Hadits seharusnya siswa bisa membaca Al-Qur’an dengan lancar dan sesuai dengan kaidah-kaidah ilmu tajwidnya, namun pada kenyataannya penulis menemukan beberapa permasalahan yakni ketika kegiatan membaca Al-Qur’an sedang berlangsung dikelas, dari jumlah 25 siswa yang terdiri dari 1 kelas, dapat dikatakan 20% dari keseluruhan siswa kelas VIII yang terjadi adalah siswa masih ada yang kurang bisa membaca Al-Qur’an dan ada juga memang sudah bisa membaca Al-Qur’an namun belum bisa menerapkan kaidah-kaidah bacaannya dengan baik dan benar, seperti makhorijul hurufnya, sifat-sifat huruf dan panjang pendek bacaan ayat Al-Qur’an. Tujuan dari penelitian ini ialah : (1) untuk mengetahui realitas aktivitas siswa membaca Al-Qur’an, (2) untuk mengetahui realitas prestasi belajar mereka pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits, (3) untuk mengetahui pengaruh aktivitas membaca Al-Qur’an terhadap prestasi belajar mereka pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Hipotesis yang diajukan yakni semakin tinggi tingkat aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan membaca Al-Qur’an, maka semakin tinggipula prestasi belajar mereka pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits, dan begitupun sebaliknya.Jika semakin rendah aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan membaca Al-Qur’an, maka semakin rendah pula prestasi belajar mereka pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Penelitian ini menggunakan random sampling 25 siswa kelas VIII MTs Mifaida Darul Ihsan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Adapun untuk teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji korelasi, dan uji T. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) realitas aktivitas siswa membaca Al-Qur’an dengan skor rata-rata 3,55 termasuk dalam kategori tinggi, (2) realitas prestasi belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits termasuk dalam kategori baik sekali dengan skor rata-rata 81. (3) pengaruh aktivitas membaca Al-Qur’an terhadap prestasi belajar mereka pada mata pelajaran Al-Qur’an hadits berkorelasi sedang itu artinya ada pada kategori sedang berdasarkan koefisien korelasi sebesar 0,580 berada pada rentang 0,40-0,599. Hasil hipotesis menunjukan nilai thitung lebih besar dari ttabel yakni 4,13>1,713 diartikan bahwa hipotesis diterima. Variabel X mempunyai pengaruh terhadap variabel Y sebesar 33,6% yang artinya masih terdapat 66,4% faktor lain yang mempengaruhi variabel Y. Adapun sebagian siswa yang prestasinya dibawah rata-rata itu dikarenakan sebagian siswa belum lancar membaca Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas membaca Al-qur'an; prestasi belajar; mata pelajaran Al-qur'an Hadits;
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahannya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Neng Erna Nursyifa
Date Deposited: 25 Nov 2019 02:48
Last Modified: 25 Nov 2019 02:48
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/27755

Actions (login required)

View Item View Item