Peranan Ketua DKM dalam meningkatkan kemakmuran Masjid: Penelitian Di Masjid Nurul Masyriq RW 11 Ujungberung Indah Kelurahan Cigending Kecamatan Ujungberung

Nurhelmi, Ilham (2017) Peranan Ketua DKM dalam meningkatkan kemakmuran Masjid: Penelitian Di Masjid Nurul Masyriq RW 11 Ujungberung Indah Kelurahan Cigending Kecamatan Ujungberung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (502kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (945kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy

Abstract

Masjid memiliki kedudukan yang sangat penting bagi umat Islam, penting dalam upaya membentuk pribadi dan masyarakat Islami. Oleh sebab itu, masjid harus difungsikan dengan sebaik-baiknya dalam arti harus dioptimalisasikan. Maju mundurnya sebuah masjid akan ditentukan oleh kebijakan pemimpin/ketua DKM dalam memutuskan langkah yang akan ditentukan untuk meningkatkan kemakmuran masjid. Dengan demikian, dibutuhkan seorang pemimpin yang profesional yang mampu mengoptimalkan kemakmuran sebuah masjid. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui fungsi Kepemimpinan Ketua DKM dalam meningkatkan Kemakmuran Masjid Nurul Masyriq, Untuk mengetahui pengambilan keputusan Ketua DKM dalam meningkatkan Kemakmuran Masjid Nurul Masyriq. Penelitian ini berangkat dari kerangka pemikiran bahwa dalam meningkatkan kemakmuran masjid diperlukan adanya peran pemimpin dan kepemimpinan memiliki pengaruh yang besar dalam pencapaian tujuan organisasi. Karena kepemimpinan merupakan salah satu faktor penentu dalam pencapaian tujuan organisasi pada umumnya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan dan memberikan penjelasan tentang peranan ketua dkm dalam meningkatkan kemakmuran masjid. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dan teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Masjid Nurul Maysriq RW 11 Komplek Ujungberung Indah Kelurahan Cigending Kecamatan Ujungberung Kota Bandung Peran kepemimpinan H. Agus Nana Supena dalam meningkatkan kemakmuran masjid Nurul Masyriq Sangat penting, karena dengan adanya peranan pimpinan H. Agus Nana Supena beliau selalu berpegang pada prnsip syura(musyawah). Musyawarah yang dilakukan dengan baik, argumentatif. Dalam program yang akan dilaksanakan dalam meningkatkan kemakmuran masjid Nurul Masyriq dilakukan dengan perencanaan dahulu, lalu setelah perencanaan selesai baru dilaksanakan sesuai dengan apa yang telah direncanakan dan tidak hanya itu tetapi dilakukan juga pengawasan oleh pimpinan. Ketua DKM Masjid Nurul Masyriq yaitu H. Agus Nana Supena selayaknya mampu memobilisasi atau memberdayakan semua potensi dan sumber daya yang dimiliki, terkait dengan berbagai program pengurus DKM Masjid Nurul Masyriq. Semua itu akan terlaksana manakala ketua DKM Masjid Nurul Masyriq memiliki kemampuan untuk mempengaruhi semua pihak yang terlibat dalam kegiatan tersebut, yaitu untuk bekerjasama dalam mewujudkan kemakmuran Masjid Nurul Masyriq.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ketua DKM; kemakmuran Masjid; Masjid Nurul Masyriq ; Ujungberung Indah;
Subjects: Islam > Mosques
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: ilham nurhelmi
Date Deposited: 25 Nov 2019 07:28
Last Modified: 25 Nov 2019 07:28
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/27765

Actions (login required)

View Item View Item