Penerapan model concept centence untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi pada tema perkembangan teknologi sub tema perkembangan teknologi komunikasi: Penelitian tindakan kelas di kelas III Al-Huda Rancaekek Kabupaten Bandung

Rahayu, N. Shintia (2019) Penerapan model concept centence untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi pada tema perkembangan teknologi sub tema perkembangan teknologi komunikasi: Penelitian tindakan kelas di kelas III Al-Huda Rancaekek Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (498kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan pada mata pelajaran tematik yang memfokuskan keterampilan menulis terhadap kompetensi dasar Bahasa Indonesia di Kelas III MIS Al-Huda Rancaekek Kab.Bandung. Bahwa dalam pembelajaran tematik khususnya dalam menulis belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Hal ini terjadi karena siswa merasa kesulitan dalam menuangkan apa yang akan ditulis, sehingga siswa dalam kegiatan menulis tidak sesuai dengan aturan dalam menulis. Guru pun dalam pembelajaran hanya dengan menggunakan model konvensional. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keterampilan menulis sebelum penerapan model concept centence, keterampilan menulis deskripsi dengan diterapkannya model concept centence, serta peningkatan keterampilan menulis deskripsi siswa dengan menggunakan model concept centence. Penelitian ini didasarkan pada kajian teoritis yang menyatakan bahwa model concept centence dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa, sehingga peneliti mengajukan hipotesis bahwa model concept centence dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa. Terdapat 4 tindakan pokok dalam pembelajaran menulis deskripsi dengan menggunakan model concept centence, yaitu: guru menyajikan materi secukupnya, siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, beberapa kartu kunci disesuaikan dengan sajian materi, dan membuat beberapa kalimat karangan deskripsi daengan menggunakan kartu kata kunci dari setiap kalimat. Metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjeknya adalah siswa kelas III MIS Al-Huda Rancaekek Kab. Bandung yang berjumlah 24 orang, namun yang mengikuti dari prasiklus sampai akhir siklus hanya 16 orang yang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 7 orang perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Analisis data yang digunakan statistic deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan setelah model concept centence diterapkan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Dari hasil observasi yang dilakukan aktivitas belajar siswa meningkat dari siklus I hingga siklus II. Persentase yang diperoleh yaitu siklus I tindakan pertama 66.07% termasuk kategori cukup, tindakan kedua 75% termasuk kategori baik, siklus II tindakan pertama 83.92% termasuk kategori baik, dan tindakan kedua 92.85% termasuk kategori sangat baik. Selain itu, keterampilan menulis deskripsi dengan menggunakan model concept centence juga mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukan dengan adanya peningkatan presentase dari mulai prasiklus, siklus I dan siklus II. Nilai rata-rata siswa dari pra siklus sebesar 55 yang termasuk kategori kurang, siklus I tindakan I sebesar 61 dengan kategori cukup, dan tindakan II sebesar 66 masih dalam kategori cukup. Sedangkan siklus II tindakan I sebesar 72.26 termasuk kategori baik dan tindakan ke II 76 termasuk kategori baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Concept Centence; Keterampilan Menulis Deskripsi;
Subjects: Adult Education
Writing, Phonology and Phonetics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: N. Shintia Rahayu
Date Deposited: 27 Nov 2019 07:12
Last Modified: 27 Nov 2019 07:12
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/27767

Actions (login required)

View Item View Item