Penerapan metode Out Bound berbasis Fun Game dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi taat, ikhlas, khauf dan taubat: Penelitian tindakan kelas di kelas VII C MTs. Persatuan Islam No 241 Al-Ikhlash Kabupaten Bandung

Rahmansyah, reno tri (2017) Penerapan metode Out Bound berbasis Fun Game dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi taat, ikhlas, khauf dan taubat: Penelitian tindakan kelas di kelas VII C MTs. Persatuan Islam No 241 Al-Ikhlash Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (245kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan yang ditemukan dalam pembelajaran Akidah Akhlak. yakni rendahnya Aktivitas belajar siswa, diantaranya adalah kurangnya intensitas aktivitas verbal seperti tanya jawab, minimnya siswa yang memperhatikan penjelasan guru, serta pembelajaran hanya berlangsung satu arah oleh guru (teacher centered) yang membuat pembelajaran menjadi monoton.Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dilakukan berbagai upaya dengan menggunakan metode pembelajaran yang bervariatif. Di antara berbagai metode yang bervariatif tersebut, ada salah satu metode yang diasumsikan mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa yaitu metode Out Bound berbasis Fun Game Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keadaan aktivitas belajar siswa sebelum diterapkannya metode Out Bound berbasis Fun Game. Proses penerapan metode Out Bound berbasis Fun Game. Dan untuk mengetahui kondisi aktivitas belajar siswa setelah penerapan metode Out Bound berbasis Fun Game Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa metode Out Bound berbasis Fun Game diasumsikan dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa karena memiliki kelebihan melibatkan peserta didik secara langsung dan membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan menarik serta menantang. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dirancang dan dilaksanakan dalam dua siklus selama empat pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII C MTs. Pesantren Persatuan Islam No. 241 Al-Ikhlash Kabupaten Bandung dengan jumlah siswa 22 orang yang terdiri dari 12 laki-laki dan 10 perempuan. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi keperpustakaan. Hasil penelitian terhadap Aktivitas belajar siswa dengan menerapkan metode Out Bound berbasis Fun Game telah menunjukan peningkatan. Dari hasil penelitian di peroleh data sebagai berikut: aktivitas belajar siswa sebelum diterapkannnya metode Out Bound berbasis Fun Game memperoleh angka 39% dengan kategori kurang, hal ini ditandai dengan minimnya jumlah siswa yang membaca materi atau buku pelajaran sebelum pembelajaran dimulai, juga terlihat dari interaksi siswa yang kurang dalam proses pemebelajaran. Proses penerapan metode Out Bound berbasis Fun Game terlaksana dengan baik berdasarkan hasil observasi sebesar 77,75%. Keaktifan belajar siswa meningkat dari 39% menjadi 78% meningkat sebesar 39%. Hal tersebut ditandai dengan meningkatnya indikator aktivitas belajar siswa, yaitu minat baca siswa, keberanian untuk mengeluarkan pendapat serta kondisi emosional siswa yang bersemangat mengikuti proses pembelajaran meningkat secara signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: metode;outbound;fungame;aktivitasbelajar;akidahakhlak
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Reno Tri Rahmansyah
Date Deposited: 28 Nov 2019 03:55
Last Modified: 28 Nov 2019 03:55
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/27783

Actions (login required)

View Item View Item