Penerapan metode Poster Comment untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak: Penelitian tindakan kelas di KELAS III MI Husainiyah Cicalengka Kabupaten Bandung.

Rahmawati, Luluq (2019) Penerapan metode Poster Comment untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak: Penelitian tindakan kelas di KELAS III MI Husainiyah Cicalengka Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ abstrak.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (434kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (787kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang muncul pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Hal ini disebabkan dari kebiasaan yang berpusat pada guru (teacher centered) sehingga siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran yang mengakibatkan hasil belajar beberapa siswa rendah. Hal ini terkait dengan kemampuan guru dalam menggunakan metode, model, dan strategi yang kurang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum diterapkan metode poster comment, untuk mengetahui penerapan metode poster comment, dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas III MI Husainiyah Cicalengka Kabupaten Bandung. Metode Poster Comment merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan siswa ketika pembelajaran berlangsung. Metode Pembelajaran ini, diawali dengan guru menjelaskan materi, selanjutnya guru menyediakan potongan gambar yang di sesuaikan dengan materi yang akan dibelajarkan (misalnya Akhlak terpuji mengenai rukun dan tolong-menolong), siswa diminta berkomentar dengan bebas mengenai poster tersebut, guru meminta siswa menuliskan apa yang mereka pikirkan dalam poster tersebut, guru membuat kesimpulan mengenai poster tersebut. Metode penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui observasi dan tes. Responden pada penelitian ini berjumlah 30 orang siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 17 siswi perempuan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa sebelum menggunakan metode Poster Comment masih rendah yaitu 65,46 dan ketuntasan klasikalnya adalah 13,33% sehingga nilai rata-rata siswa masih di bawah KKM. Setelah menggunakan metode Poster Comment dari siklus I ke siklus II terlaksana dengan baik. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan persentase aktivitas siswa dan guru pada setiap suklusnya. Rata-rata aktivitas guru pada siklus I sebesar 75% mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 95%. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I sebesar 73,68% mengalami peningkatan di siklus II sebesar 94,74%. Hasil belajar siswa pun meningkat ketika menggunakan metode Poster Comment. Hal tersebut terlihat dari adanya peningkatan hasil belajar siswa menggunakan tes. Hasil belajar setelah menggunakan metode Poster Comment pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 65,58 dengan ketuntasan klasikalnya 50%. Sedangkan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 85,92 dengan ketuntasan klasikalnya 97%. Hal tersebut terlihat dari adanya peningkatan hasil tes siswa. Maka dapat disimpulakan bahwa metode Poster Comment dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas III MI Husainiyah Cicalengka Kabupaten Bandung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Poster Comment;Metode;Hasil Belajar
Subjects: Adult Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Luluq Rahmawati
Date Deposited: 27 Nov 2019 07:09
Last Modified: 27 Nov 2019 07:09
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/27794

Actions (login required)

View Item View Item