Sikap siswa terhadap proses pembelajaran Collaborative Pendidikan Agama Islam dan hubungannya dengan akhlak mereka di sekolah: Penelitian terhadap siswa kelas VII SMP Al-Hasan Bandung

Iskandar, Joni (2019) Sikap siswa terhadap proses pembelajaran Collaborative Pendidikan Agama Islam dan hubungannya dengan akhlak mereka di sekolah: Penelitian terhadap siswa kelas VII SMP Al-Hasan Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1 - COVER.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2- ABSTRAK.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3- DAFTAR ISI.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4 - BAB I.pdf

Download (704kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5 - BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6 - BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7 - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8 - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9 - DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy

Abstract

Proses pembelajaran Collaborative mengajarkan siswa untuk bekerjasama satu sama lain baik guru dengan siswa, siswa dengan siswa dan siswa dengan guru yang mana guru di tuntut dapat membuat metode yang efektif dalam pembelajaran untuk menciptakan suasana demokratis sehingga siswa aktif dalam proses pembelajarannya. Faktanya di lapangan proses pembelajaran ini masih kurangnya kolaborasi antara guru dengan siswa, siswa dengan siswa, dan siswa dengan guru. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui sikap siswa terhadap proses pembelajaran Collaborative PAI di kelas VII SMP Al-Hasan Bandung (2) Mengetahui Akhlak siswa di kelas VII SMP Al-Hasan Bandung dan (3) Mengetahui Hubungan sikap siswa terhadap proses pembelajaran Collaborative PAI dengan Akhlak siswa di kelas VII SMP Al-Hasan Bandung. Penelitian ini berdasarkan asumsi teoritik bahwa Sikap siswa terhadap proses pembelajaran Collaborative PAI memiliki hubungan tertentu dengan akhlak. Proses pembelajaran ini memiliki ciri demokratis, menghargai pendapat orang lain, menyadari kesalahannya, serta bertanggungjawab atas tugas yang diberikan yang mana hal ini terdapat pada akhlak. Oleh karena itu hipotesis yang diajukan adalah Semakin positif sikap siswa terhadap proses pembelajaran Collaborative PAI maka semakin baik pula akhlak mereka di sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelatif. Cara pengumpulan datanya dengan menyebarkan angket, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini diambil poupulasi dari kelas VII SMP Al-Hasan Bandung sebanyak 82 siswa, dan sampel diambil seluruhnya (penelitian populasi). Analisis data kedua variabel ini dilakukan dengan menggunakan metode statistika. Hasil penelitian menunjukkan (1) Realitas Sikap terhadap proses pembelajaran Collaborative PAI berkategori positif. Hal ini berdasarkan nilai rata-rata 3,811 yang berada pada interval 3,5 – 4,5. (2) Realitas akhlak di sekolah berkategori baik. Hal ini berdasarkan nilai rata-rata 3,78 yang berada pada interval 3,5 – 4,5. (3) Realitas hubungan Sikap siswa terhadap proses pembelajaran Collaborative PAI dengan akhlak mereka di sekolah berkategori cukup, dengan koefisien korelasi sebesar 0,48 yang berada pada interval 0,40 – 0,599. Hipotesisnya diterima, artinya terdapat hubungan yang signifikan antara keduanya berdasarkan hasil thitung 5,29 lebih besar dari ttabel dengan nilai 0,06 dengan kadar pengaruhnya 23%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sikap; Collaborative; Akhlak;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Joni Iskandar Joni
Date Deposited: 27 Nov 2019 06:55
Last Modified: 27 Nov 2019 06:55
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/27822

Actions (login required)

View Item View Item