Nilai-nilai keteladanan pada lebah dalam QS An-Nahl ayat 68-69 dan relevansinya dengan kompetensi kepribadian guru pendidikan agama Islam

Ridho, Ahmad Syauqy (2019) Nilai-nilai keteladanan pada lebah dalam QS An-Nahl ayat 68-69 dan relevansinya dengan kompetensi kepribadian guru pendidikan agama Islam. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (554kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (784kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy

Abstract

Keteladanan merupakan suatu hal yang urgen bagi guru di manapun dan kapanpun, selain itu keteladanan akan mampu mengantarkan guru kepada martabat yang tinggi di mata peserta didik. Baik dan buruknya peserta didik dapat dilihat dari sejauh mana guru memberi teladan padanya. Belakangan ini sering terjadi penyimpangan yang dilakukan oleh guru kepada peserta didiknya. Tercatat dalam dua tahun terakhir terjadi kasus tidak mengenakkan bagi dunia pendidikan yang pelakunya adalah guru yang notabene adalah seorang yang patut digugu dan ditiru terhadap peserta didiknya di Nusa Tenggara Barat dan Semarang sehingga tidak mencerminkan kepribadian guru yang paripurna. Hal inilah yang memotivasi penulis untuk melakukan penelitian terutama tentan nilai-nilai keteladanan yang terdapat pada lebah dalam QS An-Nahl ayat 68-69. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui penafsiran para mufassir, nilai-nilai keteladanan pada lebah, komponen kompetensi kepribadian guru pendidikan agama Islam dan relevansi nilai-nilai keteladanan pada lebah dalam QS An-Nahl ayat 68-69 dengan kompetensi kepribadian guru pendidikan agama Islam. Penelitian ini berdasarkan suatu teori bahwa lebah memiliki banyak manfaat dan maslahat serta teladan yang dapat ditiru oleh manusia. Adapun yang dimaksud teladan di sini adalah beberapa sikap (akhlak) terpuji yang ada dalam QS An-Nahl ayat 68-69 sebagai sumber hidup untuk menjadi manusia yang berkepribadian baik. Dalam memperoleh data yang representatif pada pembahasan skripsi ini, digunakan metode penelitian kepustakaan (library research) yaitu dengan sumber primer kitab-kitab tafsir dan dibantu sumber sekunder dengan cara mencari, mengumpulkan, membaca, dan menganalisa buku-buku yang memiliki keterkaitan dengan masalah penelitian. Kemudian diolah sesuai dengan kemampuan penulis. Adapun jenis penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah kualitatif. Nilai keteladanan pada lebah yang terdapat dalam QS An-Nahl ayat 68-69 adalah : Lebah hewan yang bijaksana, selektif, taat, bermanfaat, dan loyal. Adapun pendapat para mufassir bahwa lebah adalah ciptaan Allah yang diberikan keistimewaan luar biasa, segala macam tindak tanduknya selalu memberi manfaat dan maslahat bagi makhluk lain. Serta relevansi nilai-nilai keteladan pada lebah dalam QS An-Nahl ayat 68-69 meliputi : Kepribadian yang mantap, stabil, dan dewasa, kepribadian yang Arif, kepribadian yang berwibawa, berakhlak mulia dan menjadi teladan. Itu semua dapat direalisasikan oleh guru kepada peserta didik di dalam dunia pendidikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Nilai; Keteladanan; Lebah; An-Nahl; Kompetensi; Kepribadian; Guru; Pendidikan Agama Islam;
Subjects: Education
Education > Miscellany of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: A.Syauqy Ridho Soleh
Date Deposited: 26 Nov 2019 08:16
Last Modified: 26 Nov 2019 08:16
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/27848

Actions (login required)

View Item View Item