Peran radio dalam penyebaran informasi Otomotif di Kota Bandung: Analisis deskriptif terhadap Auto Radio Bandung 88.9 FM

Nugraha, A Maulidan (2019) Peran radio dalam penyebaran informasi Otomotif di Kota Bandung: Analisis deskriptif terhadap Auto Radio Bandung 88.9 FM. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstark.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_BAB I.pdf

Download (802kB) | Preview
[img] Text
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (783kB) | Request a copy
[img] Text
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[img] Text
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy

Abstract

Auto radio merupakan salah satu radio swasta di kota Bandung yang rutin setiap harinya menyebarkan berita otomotif bagi para pendengarnya. Hal ini yang membuat peneliti tertarik dengan adanya auto radio, karena informasi otomotif sangat mudah didapatkan sekarang ini, bisa melalui media online atau bahkan media sosial sekalipun seperti youtube dan instagram. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya pengemasan dan penyajian berita otomotif di auto radio, untuk mengetahui peran auto radio dalam membentuk sikap komunitas rental mobil Indonesia, untuk mengetahui peran auto radio dalam membentuk perilaku komunitas rental mobil Indonesia. Penelitian ini menggunakan teori peran dan teori difusi inovasi (Difussion of Innovations Models). Penggunaan teori ini berdasarkan fokus penelitian yang akan digali oleh peneliti. Teori peran berfungsi untuk menggali tentang upaya auto radio dalam pengemasan dan penyajian berita otomotif dan teroi difusi inovasi berfungsi untuk melihat dari sisi pendengar auto radio, untuk mengetahui bagaimana peran auto radio dalam membentuk sikap dan perilaku para pendenganya yang diwakilkan oleh komunitas rental mobil Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data digunakan penafsiran logika yang dihubungkan dengan konteks jurnalistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mencari berita, ada beberapa cara yang dilakukan oleh auto radio yaitu mengutip dari sumber lain yang tentunya sumber tersebut sudah dapat dipertanggung jawabkan keabsahan datanya dan tidak lupa pula menginformasikan kepada pendengar dari mana berita ini dikutip. Lalu yang kedua melalui live report atau live delay, jika menggunakan cara ini, auto radio mencari, mengemas, dan menyiarkan beritanya sendiri. Live report atau live delay biasanya digunakan ketika berita tersebut adalah berita straigh news, sedangkan jika berita tersebut hanya berita ringan seperti tips tips merawat kendaraan, biasanya auto radio mengutip dari sumber lain. Secara umum, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa auto radio dalam penyebaran informasi otomotif di kota Bandung sangat berperan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peran; auto radio; informasi; otomotif
Subjects: Conscious Mental Process and Intelligence > Communication Psychology
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Verbal Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Communications Telemunications > Radio Broadcasting
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: ahmad maulidan nugraha
Date Deposited: 27 Nov 2019 02:54
Last Modified: 27 Nov 2019 02:54
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/27857

Actions (login required)

View Item View Item