Penerapan metode Paired Story Telling untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran SKI: Penelitian tindakan kelas di Kelas IV MI Insan Madani Kota Bandung

Hidayanti, Nafi Nurfida (2019) Penerapan metode Paired Story Telling untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran SKI: Penelitian tindakan kelas di Kelas IV MI Insan Madani Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (224kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan adanya permasalahan yang terjadi di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Insan Madani Kota Bandung, setelah memperoleh informasi langsung dari guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Permasalahan yang dikaji adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI. Hal ini didukung setelah dilakukannya observasi untuk mendapatkan data-data atau informasi yang akurat sehingga didapatkanlah hasil bahwa keadaan kelas yang tidak kondusif dan kurangnya keterlibatan siswa secara aktif berakibat pada hasil belajar mereka. Solusi dari permasalahan ini akhirnya ditanggulangi dengan penggunaan metode paired story telling sebagai upaya dalam mengingkatkan hasil belajar kognitif siswa. Adapun tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum menerapkan metode paired story telling, 2) untuk mengetahui proses pembelajaran ketika menerapkan metode paired story telling dan 3) untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menerapkan metode paired story telling. Tujuan ini sangat berpengaruh terhadap jalannya penelitian supaya titik fokus penelitian ini terarah dan konsisten. Tingkat keberhasilan siswa secara kognitif dapat terlihat dari bagaimana hasil belajar siswa di kelas. Hasil belajar yang tinggi salah satunya dapat dilakukan dengan meningkatkan partisipasi siswa selama pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran SKI yang membutuhkan lebih banyak perhatian dan kefokusan belajar dari dalam diri siswa. Dengan demikian, penerapan metode paired story telling diharapkan mampu meningkatkan kualitas hasil belajar sebagaimana metode ini memang dirancang untuk merangsang peserta didik menjadi lebih aktif dan memotivasi siswa dalam belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas atau yang disingkat dengan PTK. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes berupa soal plihan ganda dan dokumentasi.Kesimpulan dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa sebelum menggunakan metode paired story telling masih sangat rendah dengan perolehan rata-rata 60,53. Sedangkan pada prosesnya ketika metode paired story telling digunakan, aktivitas siswa secara bertahap mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus I, yakni mencapai 83% dan 85%, dan siklus II aktivitas dinyatakan stabil dengan perolehan sebesar 92%. Kemudian hasil belajar setelah diterapkannya metode ini hasil belajar pada siklus I dan II diperoleh rata-rata sebesar 70,49 dan 81,78, bila melihat lebih rinci pada siklus I maka didapati bahwa tiap tindakan berturut-turut adalah 67,64 (46,42%) dan 75,35 (60,71%). Dilanjutkan pada siklus II dimana tindakan I dan II diperoleh rata-rata 78,21 (75%) dan 85,35 (86%). Berdasarkan peningkatan inilah maka dapat dinyatakan bahwa metode paired story telling dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode paired story telling; Hasil belajar;mata pelajaran SKI
Subjects: Elementary Education
Elementary Education > Elementary Education in Indonesia
History, Events
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nafi Nurfida Hidayanti
Date Deposited: 27 Nov 2019 07:33
Last Modified: 27 Nov 2019 07:33
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/27875

Actions (login required)

View Item View Item