Dampak religiusitas terhadap pengelolaan stres di dalam pernikahan : Studi kasus pada mahasiswi semester akhir STAI Pelita Bangsa

Sunarti, Linda Mulya (2019) Dampak religiusitas terhadap pengelolaan stres di dalam pernikahan : Studi kasus pada mahasiswi semester akhir STAI Pelita Bangsa. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (359kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy

Abstract

Pernikahan adalah hubungan yang mehalalkan makhluk Tuhan laki-laki dan perempuan yang tidak memiliki hubungan darah menjadi halal untuk hidup bersama karena pernikahan tersebut, yang menjadikan sebuah nikmat menjadi berlibat ganda didalam pernikahan, menjadikan semua kesabaran dan pengetahuan diuji didalam pernikahan dan mampu menyelesaikan setiap masalah sebagai pasangan suami dan istri yang selalu bekerja sama untuk menciptakan keluarga yang memiliki Nilai-nilai Religiusitas didalam pernikahannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran keluarga yang menerapkan Nilai-nilai religiusitas didalam pernikahannya dan bagaimana dampak dari Religiusitas itu dapat menciptakan keluarga yang penuh cinta dan harmonis disetiap hubungan sesama keluarga didalam pernikahan tersebut, dan ingin memberi gambaran pula kalau pernikahan yang sesungguhnya yang selalu melibatkan Allah SWT didalam semua urusan rumah tangganya, yang menjadikan Rumah Tangga Tersebut jauh dari Sifat Stres didalam menjalankan semua kegiatan yang dilakukan oleh seluruh responden si peneliti. Metode yang digunakan peneliti ialah Metode Kualitatif Despriptif. Terdapat dua sumber yang menjadi rujukan didalam penelitian ini yaitu sumber data primer dimana peneliti melakukan pengamatan dan wawancara secara langsung maupun tidak langsung dan sumber data sekunder yang merupakan data dan penjelasan yang didapatkan dari jurnal, buku-buku, berita terkini dan fakta-fakta sosial sebagai literatur yang berhubungan dengan masalah yang dibahas didalam penelitian ini. Hasil dari penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa, Dampak religiusitas untuk mengelola stres didalam pernikahan dikalangan Mahasiswi semester Akhir STAI Pelita Bangsa tersebut, bahkan tidak hanya stres yang dapat dikendalikan oleh Religiusitas ini. Tetapi juga emosi-emosi lainnya yang awalnya buruk akan menjadi baik ketika semua masalah tersebut melibatkan Nilai-nilai Religiusitas didalamnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Religiusitas; Stress; Pernikahan;
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Stress
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Nikah
Physiology
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Linda Mulya Sunarti
Date Deposited: 16 Dec 2019 03:08
Last Modified: 16 Dec 2019 03:08
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/27930

Actions (login required)

View Item View Item