Efektifitas penggunaan Kakawihan terhadap keterampilan berbicara dan menulis pada mata pelajaran bahasa Sunda: Kuasi Eskperimen di MIN II Kota Bandung

Lestari, Sri (2019) Efektifitas penggunaan Kakawihan terhadap keterampilan berbicara dan menulis pada mata pelajaran bahasa Sunda: Kuasi Eskperimen di MIN II Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (29kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB) | Request a copy

Abstract

Penelitan ini dilatarbelakangi temuan masalah pada mata pelajaran Bahasa Sunda di kelas IV MIN 2 Kota Bandung dimana pada saat pembelajaran Bahasa Sunda sebagian siswa tidak begitu paham mengenai kosa kata Bahasa Sunda. Sehingga guru harus menerjemahkan ulang kedalam bahasa Indonesia. Hal ini terjadi karena kurang terbiasa menggunakan Bahasa Sunda di lingkungan rumah atau sekolah yang biasa menggunakan Bahasa Indonesia untuk berkomunikasi satu sama lain. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui kefektifan penggunaan kakawihan terhadap keterampilan berbicara dan menulis siswa pada ppembelajaran Bahasa Sunda. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk melihat gambaran proses pembelajaran Bahasa Sunda menggunakan kakawihan berupa aktivitas siswa. Kakawihan merupakan sebuah nyanyian tradisional yang digunakan sebagai aba-aba dimulainya permainan, nyanyian pengiring permainan atau sebagai nyanyian kegembiraan. Adapun keterampilan berbicara adalah kecakapan dalam mengucapkan bunyi-bunyian secara lisan dan ekspresi. Sedangkan keterampilan menulis adalah keterampilan dalam menuliskan huruf-huruf atau simbol dari bunyi-bunyian dalam sebuah ungkapan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes. Kelas yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas IV A MIN 2 Kota Bandung sebagai kelas eksperimen dan kelas IV C MIN 2 Kota Bandung sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan lembar observasi. Hasil dari penelitian ini adalah 1) aktivitas siswa sebelum menggunakan kakawihani pada pembelajaaran Bahasa Sunda sebesar 46,67 % setelah menggunakan kakawihan pada proses pembelajaran Bahasa Sunda meningkat menjadi 80%. 2). Rata-rata nilai keterampilan berbicara di kelas eksperimen yang menggunakan kakawihan pada pembelajran Bahasa Sunda sebesar 83,39. Sedangkan rata-rata nilai di kelas kontrol nilai menggunakan kakawihan pada pembelajaran Bahasa Sunda sebesar 61,45.3) Rata-rata nilai keterampilan menulis di kelas eksperimen setelah menggunakan kakawihan pada pembelajatan Bahasa Sunda sebesar 66,76 sedangkan di kelas kontrol yang tidak menggunakan kakawihan pada pembelajaran Bahasa Sunda sebesar 56,06. 4)Hasil uji Maan Whitney dengan nilai signifikansi 0,001<0,05 maka H0 ditolak yang artinya terdapat perbedaan keterampilan berbicara siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen.5) Hasil uji Maan Whitney dengan signifikansi 0,000<0,05 maka H0 ditolak yang artinya terdapat perbedaan keterampilan menulis siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: keterampilan berbicara; keterampilan menulis; kakawihan
Subjects: Customs of Life Cycle and Domestic Life
Education, Research of Language, Related Topics of Language
Indoor Game and Amusements
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sri Lestari
Date Deposited: 02 Dec 2019 07:08
Last Modified: 02 Dec 2019 07:08
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/28017

Actions (login required)

View Item View Item