Biaya administrasi pada produk pembiayaan kepemilikan emas (Cicil Emas) di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Bandung Buah Batu ditinjau dari Hukum Ekonomi Syariah

Handayani, Anggi Septia (2016) Biaya administrasi pada produk pembiayaan kepemilikan emas (Cicil Emas) di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Bandung Buah Batu ditinjau dari Hukum Ekonomi Syariah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1-COVER.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (334kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya ketidakjelasan dalam biaya administrasi pada produk pembiayaan kepemilikan emas (cicil emas) di Bank Syariah Mandiri KCP Bandung Buah Batu. Pihak bank tidak memaparkan secara jelas mengenai tujuan adanya biaya administrasi tersebut dan apa saja yang termasuk ke dalamnya. Sedangkan dalam KHES, Bab II tentang Asas Akad pasal 21, huruf (g) tentang transparansi, yaitu setiap akad dilakukan dengan pertanggungjawaban para pihak secara terbuka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme produk cicil emas di Bank Syariah KCP Bandung Buah Batu, untuk mengetahui latar belakang dan tujuan adanya biaya administrasi pada produk cicil emas di Bank Syariah Mandiri KCP Bandung Buah Batu, untuk mengetahui tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap biaya administrasi produk cicil emas di Bank Syariah Mandiri KCP Bandung Buah Batu. Penelitian ini bertitik tolak pada pemikiran bahwa segala akad transaksi perbankan harus disertai dengan transparansi yang jelas antara kedua pihak baik itu pihak bank maupun nasabah dengan cara memberikan informasi baik mengenai produk maupun mekanisme akad transaksi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, dengan jenis data yang digunakan adalah data kualitatif. Adapun dalam pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara dan studi pustaka dan analisis yang digunakan dengan merujuk pada hasil observasi dan wawancara di Bank Syariah Mandiri KCP Bandung Buah Batu. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa biaya administrasi dalam produk kepemilikan emas (cicil emas) terdapat kesenjangan antara tujuan adanya biaya administrasi dalam produk pembiayaan kepemilikaN emas (cicil emas) dengan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah, Bab II tentang Asas Akad pasal 21, point (g), yaitu transparansi; setiap akad dilakukan dengan pertanggungjawaban para pihak secara terbuka. Kesenjangan disini adalah pihak bank tidak menjelaskan secara jelas dan terbuka kepada nasabah mengenai tujuan adanya biaya administrasi yang terdapat dalam produk tersebut dan tidak menyebutkan biaya apa saja yang termasuk dalam biaya administrasi tersebut, sedangkan pihak bank menyebutkan nominalnya saja. Oleh karena itu, biaya administrasi tersebut bisa diindikasikan sebagai biaya tambahan. Biaya tambahan yang terdapat dalam transaksi jual beli bisa dikategorikan sebagai riba.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Produk pembiayaan; Kepemilikan emas; Biaya Administrasi;
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 03 Dec 2019 03:11
Last Modified: 26 Dec 2019 02:16
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/28034

Actions (login required)

View Item View Item