Pengaruh pelaksanaan hukuman dengan ceramah ba’da salat Zuhur terhadap kedisiplinan siswa di sekolah: Penelitian terhadap siswa di SMP Bakti Nusantara 666 Cileunyi Bandung

Dewi, Novianti (2018) Pengaruh pelaksanaan hukuman dengan ceramah ba’da salat Zuhur terhadap kedisiplinan siswa di sekolah: Penelitian terhadap siswa di SMP Bakti Nusantara 666 Cileunyi Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (641kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (664kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang dari adanya program pelaksanaan hukuman dengan ceramah ba’da salat Zuhur di SMP Bakti Nusantara 666 dengan tujuan agar peserta didik dapat mematuhi tata tertib di sekolah, serta mempersiapkan peserta didik menjadi lebih cakap dan berani tampil/ bicara di depan banyak orang. Meskipun program ini sudah diselenggarakan selama tujuh tahun terhitung mulai dari tahun ajaran 2011/2012 sampai 2017/2018 ini, namun ada siswa yang kedisiplinan di sekolahnya rendah. Fenomena tersebut menimbulkan permasalahan tentang ada atau tidaknya pengaruh antara pelaksanaan hukuman dengan ceramah ba’da salat Zuhur dengan kedisiplinan siswa di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan hukuman dengan ceramah ba’da salat Zuhur, kedisiplinan siswa di sekolah dan pengaruh pelaksanaan hukuman dengan ceramah ba’da salat Zuhur terhadap kedisiplinan siswa di sekolah. Penelitian ini berpijak dari pemikiran bahwa kedisiplinan siswa salah satunya ditentukan oleh pelaksanaan hukuman dengan ceramah ba’da salat Zuhur. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah semakin baik pelaksanaan hukuman dengan ceramah ba’da salat Zuhur maka akan semakin baik pula kedisiplinan siswa di sekolah Sebaliknya, semakin buruk pelaksanaan hukuman dengan ceramah ba’da salat Zuhur maka semakin buruk pula kedisiplinan siswa di sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan datanya berupa observasi, angket, tes, dan wawancara. Data kuantitatif yang diperoleh dianalisis dengan analisis statistik, sedangkan data kualitatif dianalisis menggunakan analisis logika. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pelaksanaan hukuman dengan ceramah ba’da salat Zuhur termasuk kategori tinggi dengan nilai rata-rata 3,80 yang berada pada interval 3,40 – 4,19. Kedisiplinan siswa di sekolah termasuk kategori tinggi dengan nilai rata-rata 3,61 yang berada pada interval 3,40 – 4,19. Adapun pengaruh pelaksanaan hukuman dengan ceramah ba’da salat Zuhur terhadap kedisiplinan siswa di sekolah termasuk kategori rendah dengan korelasi sebesar 0,21. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung 1,21 < ttabel 1,691. Dengan demikian, Ha ditolak dan Ho diterima atau tidak ada hubungan antara pelaksanaan hukuman dengan ceramah ba’da salat Zuhur dengan kedisiplinan siswa di sekolah. Adapun kadar pengaruh pelaksanaan hukuman dengan ceramah ba’da salat Zuhur terhadap kedisiplinan siswa di sekolah sebesar 2%. Artinya, masih ada sebesar 98% faktor lain yang mempengaruhi kedisiplinan siswa di sekolah, baik faktor internal maupun faktor eksternal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Hukuman; Kedisiplinan; Ceramah
Subjects: Islam > Sermons and Preaching
Islam > Salat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Novianti Dewi
Date Deposited: 09 Dec 2019 04:25
Last Modified: 09 Dec 2019 04:25
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/28135

Actions (login required)

View Item View Item