Metode pernafasan Illahiah dalam mengatasi stres pada mahasiswa milenial: Studi kasus pada mahasiswa jurusan Tasawuf Psikoterapi Fakultas Ushuluddin angkatan 2016 UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Rahmah, Syifa Hujjatuna (2019) Metode pernafasan Illahiah dalam mengatasi stres pada mahasiswa milenial: Studi kasus pada mahasiswa jurusan Tasawuf Psikoterapi Fakultas Ushuluddin angkatan 2016 UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (541kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (734kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy

Abstract

PerkembanganIlmu, pengetahuan, sains dan teknologi, yang semakin hari semakin pesat, merupakan dampak dari globalisasi. Globalisasi melahirkan beragam fenomena menarik yang terjadi di dalam lapisan masyarakat. Yang ditandai dengan gaya hidup masyarakat sekarang yang serba instan. Proses globalisasi juga ditandai dengan lahirnya generasi milenial. Menjadi generasi milenial bukan hal yang mudah terdapat banyak tantangan yang dialami oleh para generasi milenial mulai dari masalah persaingan pekerjaan, hubungan sosial, dan lingkungan tempat tinggal. Menurut sebuah riset dikatakan bahwa generasi milenial adalah generasi yang memiliki kesehatan fisik dan psikis terburuk dari generasi sebelumnya. yang diakibatkan oleh gaya hidup yang kurang baik hingga kesehatan mental dimana generasi milenial rentan mengalami stres dan depresi.Oleh karena itu generasi milenial membutuhkan sebuah metode untuk menyeimbangkan kesehatan fisik dan mental. Metode pernafasan Illahiah merupakan satu dari sekian banyak metode dalam mengatasi stres pada mahasiswa milenial, yang menggunakan teknik olah pernafasan didalamnya. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan gambaran mengenai metode pernafasan Illahiah, cara mengaplikasikannya, teknik-teknik yang digunakan, dan pengaruh dari metodepe rnafasan Illahiah dalam megatasi stres pada mahasiswa milenial. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif dengan menekankan pada kekuatan analisis data pada sumber-sumber data yang ada, Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis pada penelitian kali ini adalah menggunakan teknik lapangan dengan menggunakan studi kasus yang merupakan penelitian yang mendalam tentang individu, organisasi, atau suatu kelompok, dalam suatu program kegiatan dan sebagainnya dalam waktu tertentu. Hasil penelitian ini menunjukan, bahwa metode pernafasan efektif dalam mengatasi stres yang dialami oleh mahasiswa milenial, dan teknik yang digunakan dalam penanganan stres adalah teknik pernafasan dada, dengan proses; pertama rileks, kedua konsentrasi, ketiga memberi sugesti, keempat menarik nafas melaului hidung hingga dada mengembang dan keluarkan lewat mulut, sambil berdzikir kepada Allah, lalu akan terasa energi panas didada yang kemudian akan disaluran keseluruh bagian tubuh. dalam pernafasan dada, energi yang dihasilkan tubuh melalui dada, terasa menenangkan, sehingga mampu memberikan dampak positif bagi psikis dan fisik. Diantara dampak yang dirasakan psikis adalah. Menenangkan, dan menghilangkan kecemasanmenentramkan fikiran dan jiwa, untuk dampak fisik setelah melakukan olah pernafasan diantarannya, mampu mengatasi insomnia, Tubuh menjadi lebih bugar, dan terasa lebih fresh. Dari dampak psikis dan fisik yang dirasakan, dapat dikatakan bahwa olah pernafasan mampu mengatasi stres.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode;Pernafasan Illahiah;Stres;Mahasiswa;Milenial
Subjects: Physiology
Pharmacology and Therapeutics > Therapeutics, Theraphy
Pharmacology and Therapeutics > Physical Therapies and Kinds of Therapics
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: syifa hujjatuna rahma
Date Deposited: 26 Aug 2020 04:17
Last Modified: 26 Aug 2020 04:17
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/28144

Actions (login required)

View Item View Item