Pengaruh pelatihan management and information terhadap kinerja pegawai pada Sub Bagian Kepegawaian dan Umum di Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat

Mardini, Jaenab (2019) Pengaruh pelatihan management and information terhadap kinerja pegawai pada Sub Bagian Kepegawaian dan Umum di Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (176kB) | Preview
[img] Text (ABSTRAKS)
2_abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (665kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy

Abstract

Sumber daya manusia adalah salah satu upaya yang harus dicapai oleh instansi dengan meningkatkan kualitas sumber daya tersebut dan berharap pegawai dapat bekerja secara produktif dan profesional. Hal ini berlaku pada setiap instansi atau dinas yang berada di seluruh Indonesia termasuk Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat yang didalamnya terdapat Sub Bagian Kepegawaian dan Umum. Upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya tersebut adalah dengan meningkatkan kinerja pegawai, ini merupakan hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya. Salah satu upaya untuk meningkatkan kinerja pegawai yaitu dengan melakukan pelatihan. Pelatihan membantu para pegawai dalam mengembangkan berbagai keterampilan tertentu memungkinkannya untuk berhasil pada pekerjaannya saat ini dan mengembangkan perkerjaan di masa mendatang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kesiapan peserta pelatihan, kemampuan pelatih, dan materi pelatihan terhadap kinerja pegawai pada Sub Bagian Kepegawaian dan Umum di Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teorinya Wilson Bangun mengemukakan, merancang pelatihan terdapat beberapa faktor yaitu meliputi kesiapan peserta pelatihan, kemampuan pelatih, dan materi pelatihan. Kemudian untuk menganalisis kinerja pegawai didasarkan atas pendapat Miner dalam Sudarmanto yaitu untuk mengukur kinerja yang baik harus didasarkan pada kualitas, kuantitas, penggunaan waktu, dan kerjasama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Penelitian dilakukan dengan mengambil sampel sebanyak 14 orang pegawai pada sub bagian Kepegawaian dan Umum di Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat yang tercatat aktif dengan teknik sampling jenuh yaitu teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Berdasarkan hasil uji dalam penelitian ini dapat diketahui bahwa kesiapan peserta pelatihan berpengaruh terhadap kinerja pegawai sebesar 64,2%, kemampuan pelatih berpengaruh terhadap kinerja pegawai sebesar 60,6%, dan materi pelatihan berpengaruh terhadap kinerja pegawai sebesar 34,7%. Pengaruh pelatihan terhadap kinerja pegawai sebesar 69,9% dengan sisanya 30,1% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pelatihan; Kinerja Pegawai
Subjects: Public Administration > General Publications of Public Administration
Public Administration > Research, Related Topics
Public Administration > Public Administration in Specific Localities
Public Administration > Public Administration in Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Negara
Depositing User: Jaenab Jaenab Mardini
Date Deposited: 11 Dec 2019 02:40
Last Modified: 11 Dec 2019 02:40
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/28178

Actions (login required)

View Item View Item