Peran sikap rida dalam penerimaan diri orang tua anak berkebutuhan khusus: Studi terhadap orang tua siswa SLB BC Bandung Raya Astanaanyar Kota Bandung

Ismayanti, Siti Nur (2019) Peran sikap rida dalam penerimaan diri orang tua anak berkebutuhan khusus: Studi terhadap orang tua siswa SLB BC Bandung Raya Astanaanyar Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (300kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy

Abstract

Kelahiran seorang anak yang sehat dan sempurna merupakan sesuatu yang didambakan para orang tua, namun ada pula orang tua yang diberikan tanggung jawab untuk memiliki anak dengan kebutuhan khusus (ABK). Para orang tua yang tidak siap dalam menghadapi keadaan ini cenderung akan menolak dan sulit untuk menerima kehadiran anak dengan kebutuhan khusus tersebut. Penolakan diri dari orang tua terhadap anak dengan anak kebutuhan khusus tersebut kemudian akan memiliki dampak yang cukup signifikan bagi anaknya, baik dalam pertumbuhan dan perkembangan anak maupun perlakuan orang tua dan pola asuh yang diterapkan orang tua tersebut terhadap anaknya yang memiliki kebutuhan khusus. Maka dari itu sikap penerimaan dari orang tua anak dengan kebutuhan khusus dan peran sikap rida didalam nya sangat diperlukan. Untuk mengetahui data hasil yang lebih mendalam maka peneliti melalui penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil dari SLB B-C Bandung Raya Astanaanyar Kota Bandung juga untuk mengetahui mengenai pandangan orang tua terhadap sikap rida serta membahas mengenai peran sikap rida dalam penerimaan diri orang tua anak berkebutuhan khusus di SLB B-C Bandung Raya Astanaanyar Kota Bandung. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan mendeskripsikan hasil temuan dari penelitian secara deskriptif- naratif yang berupa kalimat atau kata tertulis serta ucapan lisan. penelitian ini dipakai sebagai pemecah dari suatu permasalahan dengan penggambaran keadaan subjek dan atau objek penelitian baik itu berupa suatu lembaga masyarakat ataupun inividu yang didasarkan fakta- fakta yang nampak pada objek penelitian tersebut. Penerimaan diri merupakan sikap bagaimana seseorang mampu menerima diri dan menikmati apa yang dimilikinya. Sedangkan sikap Rida yang merupakan salah satu maqamat yang ada didalam ilmu tasawuf diketahui ,memiliki peran dalam penerimaan diri seseorang. Hal ini diketahui karena seseorang yang telah merasa dan memiliki sikap rida dalam dirinya maka sikap tersebut akan berperan dalam proses penerimaan dirinya termasuk orang- orang sekitarnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sikap rida yang dimiliki oleh orang tua yang memiliki anak dengan kebutuhan khusus memiliki peran yang cukup signifikan dalam tahap- tahap penerimaan sampai mencapai pada penerimaan orang tua terhadap anak sehingga memunculkan sikap pasrah, syukur dan ikhlas dari para orang tua yang memiliki anak dengan kebutuhan khusus serta menerima anak dengan kebutuhan khusus sebagai individu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Rida; Penerimaan Diri; Orang Tua; Anak Berkebutuhan Khusus
Subjects: Applied Psychology > Interpersonal Relations with Family Members
Islam > Sufism
Islam > Sufi Ethics
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Siti Nur Ismayanti
Date Deposited: 19 Dec 2019 02:26
Last Modified: 19 Dec 2019 02:26
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/28256

Actions (login required)

View Item View Item