Pengaruh Muhasabah terhadap pencegahan Prokrastinasi Akademik : Studi korelatif pada mahasiswa Bidik Misi Pondok Pesantren AL-Wafa Bandung

Nuha, Muhammad Ulin (2019) Pengaruh Muhasabah terhadap pencegahan Prokrastinasi Akademik : Studi korelatif pada mahasiswa Bidik Misi Pondok Pesantren AL-Wafa Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (SAMPUL)
1_Sampul.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI SKRIPSI WATERMARK.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (292kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (842kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB) | Request a copy

Abstract

Program Bidikmisi merupakan salah satu program unggulan pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan akses dan kesempatan belajar di Perguruan Tinggi. Bantuan biaya pendidikan ini diperuntukkan bagi calon mahasiswa tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi pada program studi unggulan sampai lulus tepat waktu. beasiswa yang digelontorkan dengan jumlah besar tentu ada Pencapaian membanggakan yang sangat dinantikan adanya. Hal itu wajar saja jika mahasiswa Bidik Misi mendapat stigma seperti itu. Namun sebagai manusia biasa, tentu saja mereka akan dihadapkan pada halangan, atau rintangan untuk meraih kesempurnaan dari misi yang diemban. Salah satu faktor terbesar penghalang kesuksesan itu adalah kebiasaan menunda-nunda tugas akademik. Muhasabah menurut Imam Abu Harits Al-Muhasibi adalah memeriksa kedalaman hati dan menyucikan dari dosa-dosa seperti kebencian, permusuhan dan kecuriaan yang bisa meluluhkan semua amal saleh merupakan hal yang semestinya dilakukan oleh manusia, dengan memeriksa itulah ia telah melakukan Muhasabah diri. Muhasabah adalah salah satu metode yang tepat untuk mengetahui faktor dan keadaan seseorang terhadap dirinya. Secara nalar psikologis, usaha dalam memperbaiki diri yang disebut dengan muhasabah, dapat dinamakan sebagai bentuk introspeksi diri yang pada dasarnya merupakan usaha yang lahir dari kemauan pribadi untuk lebih bertambah baik dalam berperilaku dan bertindak, atau merupakan cara berpikir terhadap segala sesuatu, baik yang dilakukan kemudian atau hanya sebatas pertimbangan. Muhasabah diajukan sebagai Variabel X yang secara hipotesis diasumsikan mampu untuk mencegah Variabel Y yaitu Prokrastinasi Akademik. Menurut Steel dalam Dina Husnia menyatakan bahwa Prokrastinasi Akademik adalah perbuatan menunda pekerjaan tanpa Alasan yang jelas, sehingga waktu yang dimiliki tidak dimanfaatkan secara produktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Muhasabah Terhadap Prokrastinasi akademik mahasiswa Bidik Misi Al-Wafa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelatif karena ingin mengetahui apakah ada hubungan diantara kedua Variabel. Data diambil dari 32 orang responden menggunakan instrumen Muhasabah dan prokrastinasi akademik. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan software SPSS for windows versi 24.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, secara keseluruhan Muhasabah mahasiswa Bidik Misi berada pada kategori tinggi (53,0%). Sedangkan prokrastinasi akademik berada pada kategori rendah (22,5%). Selanjutnya analisis Pearson Product Moment Correlation menunjukkan bahwa, terdapat hubungan negatif yang signifikan antara Muhasabah dengan prokrastinasi akademik dengan perolehan (r hitung)= -0.347 pada taraf signifikansi 0,000. Artinya, semakin tinggi Muhasabah seorang mahasiswa maka semakin rendah tingkat prokrastinasi akademiknya. Sebaliknya, semakin rendah Muhasabah seorang mahasiwa maka semakin tinggi pula tingkat prokrastinasi akademiknya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Muhasabah;Prokrastinasi Akademik;Bidik Misi
Subjects: Islam
Islam > Sufi Orders
Education
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Muhammad Ulin Nuha
Date Deposited: 18 Dec 2019 06:31
Last Modified: 18 Dec 2019 06:31
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/28287

Actions (login required)

View Item View Item