Pola asuh anak dalam keluarga Single Parent di Desa Margakaya Kecamatan Telukjambe Barat kabupaten Karawang perspektif hukum keluarga dan undang-undang perlindungan anak

Lestari, Astri Apriyani (2019) Pola asuh anak dalam keluarga Single Parent di Desa Margakaya Kecamatan Telukjambe Barat kabupaten Karawang perspektif hukum keluarga dan undang-undang perlindungan anak. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak .pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (196kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka .pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan Undang-undang Nomor 1 tahun 1974 Bab X Pasal 45 tentang Perkawinan dan Undang-undang Nomor 35 tahun 2014 Pasal 26 tentang Perlindungan Anak, bahwa: kedua orang tua memiliki tanggung jawab untuk memelihara, mengasuh dan mendidik anak-anak mereka dengan sebaik-baiknya. Sedangkan fakta dilapangan, 8 informan dari keluarga Single Parent di Desa Margakaya Kecamatan Telukjambe Barat Kabupaten Karawang ini tidak memberikan Pola asuh yang baik sebagaimana Undang-undang yang menjadi tolak ukur Pola Asuh yang benar, karena ibu Single Parent memiliki peranan ganda selain ia mengasuh anak-anaknya, ia juga harus mencari nafkah untuk memenuhi kelangsungan hidupnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pola Asuh Anak dalam Keluarga Single Parent, dampak dari pola asuh anak keluarga Single Parent dan pola asuh anak dalam keluarga Single Parent di Desa Margakaya Kecamatan Telukjambe Barat Kabupaten Karawang ditinjau dari Hukum Perkawinan dan Undang-undang Perlindungan anak. Penelitian ini bertolak dari ketentuan Bab X Pasal 45 Undang-Undang Nomor 1 tahun 1974 tentang Perkawinan dan Pasal 26 ayat 1 Undang-undang nomor 35 tahun 2014 tentang Perlindungan Anak yang menyatakan bahwa: kedua orang tua memiliki tanggung jawab untuk memelihara, mengasuh dan mendidik anak-anak mereka dengan sebaik-baiknya. Penelitian ini menggunakan metode : Deskriptif analisis. Sumber data yang digunakan yaitu : sumber data primer, berupa Hasil wawancara kepada Informan tentang Pola Asuh anak dalam Keluarga Single Parent di Desa Margakaya Kecamatan Telukjambe Barat Kabupaten Karawang. Dan sumber data sekunder, berupa buku tentang pola asuhan anak, jurnal, skripsi, artikel dan lain sebagainya yang berkenaan dengan masalah penelitian. Tehnik pengumpulan data yang digunakan berupa: wawancara dengan 8 Informan Keluarga Single Parent, dan studi kepustakaan. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa Pola Asuh anak dalam Keluarga Single Parent di Desa Margakaya Kecamatan Telukjambe Barat Kabupaten Karawang memiliki bentuk pola asuh yang berbeda-beda, ada yang menggunakan pola asuh tidak terlibat (Uninvolved), pola asuh berlebihan dan pola asuh Otoriter. Adapun dampak yang timbul dari pola asuh tersebut yaitu: orang tua tidak dekat dengan anak sehingga anak bersifat lebih tertutup, anak memiliki sikap yang buruk sehingga anak melakukan hal negatif, dan memiliki sikap tidak sopan dan membangkang. Pola asuh anak dalam keluarga Single Parent di Desa Margakaya Kecamatan Telukjambe Barat Kabupaten Karawang ditinjau dari Undang-undang Nomor 1 tahun 1974 dan Undang-undang Nomor 35 tahun 2014, bahwa 8 informan sebagai orang tua tunggal ini tidak melaksanakan kewajibannya sesuai dengan undang-undang nomor 1 tahun 1974 dan Undang-undang nomor 35 tahun 2014.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh anak; Keluarga Single Parent; perlindungan anak;
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Hukum Keluarga dan Hukum Perkawinan, Pernikahan menurut Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Prgram Studi Al-Ahwal Al-Syakhshiyah
Depositing User: astri apriyani lestari
Date Deposited: 18 Dec 2019 04:10
Last Modified: 20 Feb 2020 01:27
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/28327

Actions (login required)

View Item View Item