Penerapan pembelajaran berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dengan blended learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem reproduksi

Aisiyah, Neli (2019) Penerapan pembelajaran berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dengan blended learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem reproduksi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_ bab1.pdf

Download (521kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_ bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (934kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (918kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan pentingnya keterampilan berpikir kritis yang harus dimiliki siswa sebagai keterampilan abad 21 dan penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui; 1) keterlaksanaan pembelajaran berbasis TPACK, 2) keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas yang menggunakan dan tanpa menggunakan pembelajaran TPACK, 3) peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas yang menggunakan pembelajaran berbasis TPACK dengan kelas yang tidak menggunakan pembelajaran berbasis TPACK, 4) respon siswa terhadap pembelajaran berbasis TPACK. Penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Ngamprah dengan jumlah populasi sebanyak 180 siswa dan sampel 60 siswa. Metode yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen, dimana digunakan tes awal dan tes akhir pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Analisis data yang digunakan menunjukkan bahwa, hasil penelitian keterlaksanaan aktivitas siswa dan guru pada pembelajaran berbasis TPACK terlaksana dengan sangat baik, keterampilan berpikir kritis siswa yang menggunakan pembelajaran berbasis TPACK lebih tinggi daripada siswa yang tanpa menggunakan pembelajaran berbasis TPACK, terjadi peningkatan kemampuan berfikir kritis pada kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan persentase 25% pada kelas kontrol dan 44% pada kelas eksperimen, repon siswa terhadap pembelajaran berbasis TPACK diketahui sebesar 67% dengan kriteria kuat. Dapat disimpulkan bahwa peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas yang menggunakan pembelajaran berbasis TPACK terjadi secara signifikan dibandingkan dengan kelas yang tidak menggunakan pembelajaran berbasis TPACK pada materi sistem reproduksi dengan aktivitas keterlaksanaan yang sangat baik dan respon pembelajaran yang kuat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: TPACK; Blended Learning; Sistem Reproduksi;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Human Anatomy, Cytology, Histology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Neli Aisiyah Ssaepudin
Date Deposited: 13 Jan 2020 03:45
Last Modified: 13 Jan 2020 03:45
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/28356

Actions (login required)

View Item View Item