Peran kepemimpinan H. Ahmad Jayani dalam meningkatkan kinerja staf pengajar: Penelitian di Pondok Pesantren Ibnu Rusyd Cinunuk

Marathon, Dadan (2019) Peran kepemimpinan H. Ahmad Jayani dalam meningkatkan kinerja staf pengajar: Penelitian di Pondok Pesantren Ibnu Rusyd Cinunuk. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (462kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (843kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy

Abstract

Peran dari seorang pemimpin merupakan penentu keberhasilan yang akan dicapai oleh organisasi. Dalam hal ini Bapak H. Ahmad Jayani merupakan seorang pimpinan pondok pesantren Ibnu Rusyd Cinunuk yang berperan memimpin dan bertanggung jawab atas kinerja staf pengajar. Untuk meningkatkan kinerja staf pengajar perlu adanya peran dari seorang pemimpin diantaranya membimbing mengarahkan, dan mengawasi kinerja staf pengajar dalam melaksanakan tugas-tugasnya agar sesuai dengan tujuan pesantren yang telah ditetapkan sebelumnya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan peran kepemimpinan H Ahmad Jayani dalam meningkatkan kinerja staf pengajar. Melalui pertama, peran interpersonal role (peran pribadi) yaitu peran sebagai figur head, leader, dan liasion. Kedua, peran informational role (peran sumber informasi) yaitu peran sebagai monitor and desiminator, dan spoke person. Ketiga peran decision making (peran pembuat keputusan) yaitu peran sebagai enterpreneur, distreubance handler dan negotiator. Penelitian ini berdasar pada pemikiran bahwa peran kepemimpinan dari seorang pemimpin sangat penting dan membantu keberlangsungan kegiatan- kegiatan yang telah ditentukan organisasi. Peran kepemimpinan ini akan sangat mempengaruhi kinerja stat pengajar dalam pencapaian tujuan yang telah ditentukan oleh pesantren Ibnu Rusyd sebelumnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang dilakukan adalah metode deskriptif Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Dalam pengolahan data menggunakan trigulasi dengan tujuan untuk menguji keabsahan data yang diperoleh Kemudian, data dianalisis dengan memilih serta memilah data, menyajian data secara keseluruhan, kemudian menarik kesimpulan dari analisis yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepemimpian H. Ahmad Jayani dalam meningkatkan kinerja staf pengajar di pondok pesantren Ibnu Rusyd senantiasa telah dilakukan perannya dengan baik, peran interpersonal role, figure head dengan memberikan contoh, leader memberikan motivasi, liaison dengan menjaga hubungan baik. Peran informational role monitor and dessiminator dengan menyaring dan menyampaikan informasi, spoke person dengan menjadi pembicara bagi pesantren. Peran decision making, enterpreneur mengidentifikasi ide baru, distrubance hendler terjun langsung mengatasi masalah, resorurce allocation keputusan dalam menempatkan sumber daya manusia, negosiator dengan bernegosiasi dengan pihak luar atau dengan staf pengajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peran; Kepemimpian; Kinerja; Staf;
Subjects: Applied Psychology > Leadership
Islam > Islamic Leaders
Social Process > Leadership
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Dadan Marathon
Date Deposited: 06 Jan 2020 04:32
Last Modified: 06 Jan 2020 04:32
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/28379

Actions (login required)

View Item View Item