Konsep pendidikan berbasis pengalaman dalam buku experience and education karya John Dewey dan relevansinya dengan model pembelajaran PAI

Ilma, Miska Unil (2019) Konsep pendidikan berbasis pengalaman dalam buku experience and education karya John Dewey dan relevansinya dengan model pembelajaran PAI. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (273kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (814kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB V)
8_bab5.pdf

Download (126kB) | Preview
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy

Abstract

Proses pembelajaran yang sering kali dilakukan oleh banyak guru termasuk pada pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) adalah pembelajaran yang lebih mementingkan pada penyampaian informasi atau pengetahuan semata. Ini menjadi salah satu alasan kenapa pendidikan agama Islam kurang maksimal, terasa kering, kaku dan terpisah dari kehidupan sehari-hari. Ketidak setujuan akan proses pendidikan konvensinal yang bersifat normatif dan otoriter tidak hanya berlaku pada pendidikan agama Islam saja. Jauh sebelum munculnya inovasi-inovasi pembelajaran seperti yang ada sekarang, seorang tokoh pendidikan asal Amerika John Dewey dengan keras juga menolak pendidikan-pendidikan konvensional pada zamannya yang tertuang dalam salah satu bukunya yaitu Experience and Education. Dari buku Experience and Education karya John Dewey inilah penulis ingin menggali konsep pendidikan berbasis pengalaman. Sehingga dapat menemukan model-model pembelajaran yang lebih menyenangkan untuk pembelajaran PAI dengan dilandasi pada teori pendidikan berbasis pengalaman milik John Dewey. Dengan menganalisis buku Experience end Education yang melahirkan konsep pendidikan berbasis pengalaman, yang kemudian dihubungkan pada pembelajaran pendidikan agama Islam, baik dari segi dasar, tujuan dan prinsipnya maka penulis mengambil relevansi keduanya sehingga menghasilkan model pembelajaran PAI berbasis pengalaman. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif library research. Sumber data primer yang digunakan adalah buku Experience and Education karya John Dewey, sedangkan data skunder berasal dari berbagai literatur baik artikel, buku, web dan sebagainya. Karena penelitian ini adalah penelitian jenis library research, maka teknik pengumpulan datanya adalah dengan dokumentasi. Selanjutnya metode yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan content analysis dan anlisis induktif sebagai teknik analisis datanya. Hasil dari penelitian ini yakni bahwa ada relevansi yang kuat antara pendidikan berbasis pengalaman dengan model pembelajaran pendidikan agama Islam. Dari segi tujuan, baik pendidikan berbasis pengalaman maupun pendidikan agama Islam sama-sama menghendaki terbentuknya siswa yang dapat mengembangkan potensinya dan juga bermanfaat bagi kehidupan bermasyarakat. Dari segi materi pembelajaran, keduanya juga menghendaki materi pembelajaran yang tidak hanya bersifat normatif tapi juga aplikatif. Lalu untuk model pembelajaran berbasis pengalaman, pembelajaran pendidikan agama Islam bisa meniru dan mencontoh dari model-model pembelajaran berbasis pengalaman dari John Dewey untuk memperkaya model pembelajaran PAI sehingga lebih kreatif, aktif, inovatif, dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Berbasis Pengalaman; Experience and Education; Relevansi; Model Pembelajaran PAI;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Education > Philosophy and Theory of Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miska Unil Ilma
Date Deposited: 14 Jan 2020 01:24
Last Modified: 14 Jan 2020 01:24
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/28434

Actions (login required)

View Item View Item